Black Panther (Bukan Tentang Dilan)

Sumber foto: https://cdn.vox-cdn.com

Kali ini, kita akan bahas sebuah film yang baru rilis dan sedang tayang di Bioskop-Bioskop kesayangan Anda (bagi yang pernah ke Bioskop ya, kalau ndak pernah, jangan sok sayang dengan Bioskop).

Sebenarnya, pengin bahas Dilan 1990 sih, tapi, kayaknya nggak deh, filmnya ndak asyik. Jangan ada yang marah! Menurut saya emang ndak ada asyiknya (Dulu waktu di Palembang itu, itu kecelakaan). Atau jangan-jangan saya yang tidak romatis ya, astaga, benarkah? Epen ah!

Kita kembali ke Black Panther. Pembaca, plis, ingatkan saya kalau mulai tidak fokus ke Black Panther ya! Film ini (sebentar saya lupa, saya lihat wikipedia dulu) …. Okei, kita lanjut! Black Panther adalah film pahlawan super Amerika (kok Amerika ya? Padahal latarnya di Wakanda, hmmm, nanti saya akan jelaskan ya, sabar!) berdasarkan karakter Marvel Comics dengan nama yang sama. Diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures, merupakan film ke-18 dari Marvel Cinematic Universe. Film ini disutradarai oleh Ryan Coogler yang juga bertindak sebagai penulis skenario bersama Joe Robert Cole, dan dibintangi oleh Chadwick Boseman sebagai T'Challa/Black Panther, berdampingan dengan Michael B. JordanLupita Nyong'oDanai GuriraMartin FreemanDaniel KaluuyaAngela BassettForest Whitaker, dan Andy Serkis. Kalau kalian kurang kenal dengan nama-nama di atas, atau susah baca nama itu, tidak apa, jangan malu, kita sama. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang mereka, silahkan pergi ke https://id.wikipedia.org/wiki/Black_Panther_(film) klik nama-nama mereka di sana. Kalian akan diarahkan langsung ke link yang menerangkan lebih jauh tentang mereka. Saya sih ogah, bakalan lupa lagi, percuma kayaknya. Okei, kita fokus ke Black Panther lagi.

Dalam Black Panther, T'Challa kembali ke Wakanda untuk memerintah sebagai raja, namun ditentang oleh seorang musuh lama dalam konflik yang memiliki konsekuensi mendunia.

Sebelum kita bahas lebih jauh, iklan Black Panther ini ada di berbagai sudut kota Jakarta. Rasa penasaranpun timbul, belum lagi dengan berbagai ulasan tentang film ini yang sangat meyakinkanku untuk melangkah ke Bioskop di Taman Ismail Marzuki (ehem, dekat Margasiswa I PMKRI, bisa jalan kaki, lumayan keringat, itung-itung olah raga sore). Yang mau saya katakan, marketingnya luar biasa kangkawan.

Sesampainya di Bioskop, kubeli 2 tiket, kepo deh, plis jangan tanya saya nonton dengan siapa, bukan urusan kalian. Hehehe! Sebenarnya, kami sudah telat sekitar 10 menit. Mengingat ada janji di 2 jam selajutnya, 10 menit yang kami lewatkan tidak menjadi masalah yang terlalu serius.

Okei, kita bahas filmnya sekarang, saya sudah minta ingatkan saya agar fokus ke Black Panther, kalian tidak ingatkan, jadi kebablasan bah (jadi keluar Batak awak).

Setting film ini berada (kalau tidak salah) di tiga negara. Wakanda, Amerika dan Korea Selatan. Saya kurang tahu mengapa Korea Selatan, tepatnya di kota Busan dipilih menjadi latar film ini, tetapi kayaknya Marvel Studios ingin menyasar penonton Asia mengingat jumlah penduduk Asia yang banyak, kayaknya ya! Sedangkan Amerika, sudah pasti ada, karena film ini lahir di sana, dan Black Panther juga adalah salah satu pahlawan fikif Amerika, sama seperti Superman dan rekan-rekannya. Sedangkan Wakanda, nah ini dia, dari tiga latar tadi, hanya Wakanda-lah negara fiktif yang diciptakan oleh si pembuat film, Marvel Studios, tepatnya diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby.

Dikisahkan, 10 ribu tahun yang lalu, sebuah meteor besar menghantam Wakanda. Meteor itu berisikan zat kekuatan besar yang dapat membuat orang yang menguasainya menjadi kuat. Dalam film ini, zat itu disebut vibranium. Lagi-lagi vibranium ini juga fiktif. Hanya ada di Marvels Comic.

Wakanda dikisahkan sebagai sebuah negara yang tertutup dari dunia luar dan sangat independen. Tidak banyak yang tahu bahwa ada vibranium di Wakanda (kecuali yang sudah menonton film-film Marvel Studios, hehe). Informasi ini benar-benar ditutup rapat agar tidak menjadi rebutan di dunia yang bisa jadi membahayakan keberadaan dunia sendiri. Pemerintahan Wakanda sadar betul akan sifat tamak manusia.

Diceritakan, Wakanda memiliki teknologi super kuat bahkan jauh lebih kuat bila dibandingkan dengan teknologi yang dimiliki oleh Amerika Serikat. (Mulai sekarang, Trump ndak bisa asal claim kalau mereka adalah negara terkuat ya). Dalam film ini, adik pemeran utama, T'Challa adalah seorang yang sangat ahli di bidang ini, diapulalah yang menciptakan baju milik kakanya yang adalah raja baru di Wakanda. Sekilas, bahan baju yang terbuat dari vibranium ini bisa menyerap energi yang ingin menghancurkannya.

Bercerita tentang raja baru, ada tradisi di Wakanda, negara yang terdiri dari beberapa suku itu bila ingin mengangkat raja baru. Anak raja terdahulu akan otomatis diangkat jadi raja jika dari semua suku tidak ada yang ingin mencalonkan anggotanya. T’Challa, pada tradisi ini, ditentang anggota satu suku yang kelak akan membantunya ketika takhtanya berusaha direbut sepupunya sendiri, N'Jobu (Sterling K. Brown) yang lahir dan tinggal di Amerika.

Singkat cerita (biar tidak berkepanjangan saya lihat di layar laptop sudah 761 kata sejauh ini), T’Challa memenangkan challenge dari penantangnya, dan resmilah menjadi raja di Wakanda. Sebelum diangkat menjadi raja, di Inggris terjadi perampokan di sebuah Museum yang memamerkan kapak yang terbuat dari vibranium, dan si perampok yang dibantu oleh sepupu T’Challa sendiri ingin menjualnya ke orang Amerika.

Misi dimulai, agar tidak jatuh ke tangan yang salah, berangkatlah 3 orang dari Wakanda untuk menggagalkan transaksi itu, T’Challa, Jenderal terbaik di Wakanda, dan bakal (bakal loh, belum sah) kekasih sang raja sendiri. Singkatnya lagi, misi mereka gagal.

Ternyata sepupu T’Challa, yang ikut membantu perampokan itu memiliki misi lain. Dia hanya ingin datang ke Wakanda negara asal ayahnya. Ceritanya, ayah N’Jobu dan ayah T’Challa pernah menjadi anggota War Dog (seperti CIA-nya Amerika) yang ditugaskan di Oakland, Amerika. Setelah melihat penderitaan orang Kulit Hitam di sana, ayah N’Jobu yang adalah adik ayah T’Challa sendiri ingin membantu saudara-saudarinya yang menderita itu, ingin mengakhiri penderitaan mereka. Namun kerahasiaan vibranium harus tetap dijaga, dan terjadilah percekcokan di sana, dan ayah N’Jobu meninggal oleh kakaknya sendiri. Sebelum meninggal, ternyata, N’Jobu sudah lahir dan ibunya adalah warga negara Amerika. Semua cerita, catatan-catatan, dan peninggalan ayahnya tentang Wakanda-lah yang mendorong N’Jobu untuk datang ke Wakanda.

Kembali ke misi yang gagal itu. Akhirnya, N’Jobu membunuh boss-nya sendiri dan membawa mayatnya ke perbatasan Wakanda, akhirnya dia dipersilahkan masuk ke negara itu. Setelah semua petinggi suku berkumpul di ruang sidang, akhirnya, terungkaplah identitas N’Jobu yang sesungguhnya, semua petinggi akhirnya percaya dengan identitasnya karena dia memiliki cincin ayahnya. N’Jobu menentang raja sah untuk berduel merebut takhta raja, karena dia juga memiliki hak yang sama menjadi raja.

Akhirnya pertarungan dimenangkan oleh N’Jobu dan T’Challa di buang ke bawah air terjun. Setelah menjabat jadi raja, vibranium, dengan dalih ingin mengubah dunia lebih baik, diekspor ke luar negeri.

Namun, berhasilkah N’Jobu mengekspor vibranium ke luar negeri? Bagaimana nasib keluarga T’Challa dan Wakanda di bawah kekuasaan N’Jobu? Ada baiknya tidak saya ceritakan, silahkan tonton sendiri, pasti tidak menyesal. Kalau menyesal minta uang kalian ke kasir tempat kalian menonton, biar dijitak sekalian!

Namun ada beberapa pelajaran yang saya dapat dari film ini, yakni:
  1. Alasan keberadaan vibranium membuat negara Wakanda menjadi sangat tertutup dan cenderung (bukan bahkan sangat) anti migran. Film ini seakan-akan ingin mengkritik kebijakan Trump yang anti migran, hmm, atau alih-alih mengkritik malah ingin mengamini ya? Jangan salah persepsi ya!
  2. Film ini mengajari kita untuk tidak menyombongkan diri dan mengingatkan kita bahwa di atas langit masih ada langit.
  3. Ingat dengan Jenderal wanita di atas, ternyata film ini juga mau mengatakan bahwa perempuan juga bisa berbuat hal-hal yang sama dengan laki-laki, btw, Happy Belated International Women’s Day ya gaes.
  4. Manusia pertama sekali ada di benua Afrika, sebenarnya kita, saya dan kalian, sejauh kalian masih mengaku sebagai manusia, adalah warga Afrika juga, yay. Jadi film ini seakan mengajari bahwa kulit hitam bukan sesuatu yang jelek, karena hitam adalah kita. Kita berasa dari Afrika, kita semua. Jadi, kita semua basaudara kangkawan.
  5. Tontonlah film ini, dan dapatkan pelajara-pelajaran di nomor-nomor selanjutnya, kasih tahu saya kalau ada pelajaran yang baru ya!

Begitlah, akhirnya kami tuntaskan film itu dengan senyuman lebar, puas, dan aku tidak jadi minta uangku ke kasir. Kemudian kami bergeser ke kantin di depan Bioskop untuk makan minum, karena ndak mungkin ngamen di kantin kan? Suara kami jelek!

Demikianlah ulasan ini saya buat, semoga berkenan kepada para pembaca yang setia.
Catatan: Gambar-gambarnya minta di mbah google ya!

Depok, 09 Maret 2018

TSS

KOMENTAR

Nama

.id - Jejak Pencarian,1,1000 Lilin,1,1965,1,3 Tahun,1,9 November,1,Adu Domba,1,Advokat,1,Agama,1,Ahok,1,AHY,1,akbid santa benedicta pontianak,1,Aksi 3 Tahun Jokowi-JK,1,Alfred,1,Alumni,1,Anak,2,Ananda,1,Anies,1,Anis Baswedan,1,Antikorupsi,1,Argentina,1,Artikel,24,Australia,1,Bahasa,1,Bahasa Inggris,3,Bakti Sosial,1,balaikota Jakarta,1,Bengkulu,1,Berbuah,1,Berita,70,Berita. Sumatra Utara,1,Berjuang,2,Berkarya,2,Berubah,1,Bidan,1,Biografi,1,Bitcoin,1,Black Pather,1,boarding pass,1,Budi Mulia,1,Buku,4,Bumi,1,Bunuh Diri,2,cadar,1,Candu,1,Candu Pesan,1,Candu Pesan Instan,1,Cerpen,5,Changi,1,Cinta,2,Cipayung,1,Cipayung Plus,1,Cookies and Bakery,1,Cooperative Learning,1,CR7,1,Creative Minority,1,Curhat,1,Danau Toba,2,Dara. Kathulistiwa,1,Deepavali,1,Demokrasi,5,Devide et Impera,1,Dies Natalis PMKRI,1,Dilan,1,Diskusi Publik,1,Diwali,1,DIY,1,Djarot Saiful Hidayat.,1,Dogma,1,Doraemon,1,Dosa,1,DPR,2,Dunia,1,Duterte,1,Dwi,1,Emas,1,Eris,1,ESDM,1,Essai,1,Fakultas Kehutanan,1,Fandis,1,Fase,1,Feminin,1,fenomena,1,FIFA World Cup 2018,1,Film,2,Film Porno,1,Filsuf,1,Forum Orang Muda Dunia,1,Fotografi,1,Fransiskus,1,Freeport,1,Friska Sitorus,1,Fun Walk,1,Game,1,Garuda,1,Gaya Hidup,1,Gender,1,Genre Teks,1,Gereja,2,Gubernur,1,Guru,1,Hak Asasi Manusia,1,HAM,4,Harakiri,1,Harapan,1,Hari,1,Hari Bumi,1,Hari Pahlawan,1,Hati Gajah,1,Hegemoni,1,herbal,1,Hindu,1,Hoax,3,Holiday,1,Hong Kong,1,HUKUM,1,Human Rights,1,Human Trafficking,1,hutan,2,Hymne,1,Ignasius Jonan,1,Imunitas,1,Indonesia bangkit,2,informasi,2,Introver,1,ISKA,1,Istri,1,Jambi,1,Jaya,1,Jepang,1,JK,1,Jokowi,1,Kabupaten Sintang,1,Kalimantan Barat,2,Kampanye Sosial,1,Karakter,1,Katakanlah,1,Katolik,2,Kebosanan,1,Kecanduan,1,Kekerasan Anak,2,Kekerasan Polisi,1,Kekerasan Seksual,2,Kelompok Cipayung,2,Keluarga,3,Kemiskinan,1,Kepemimpinan,1,Kerabat Antropologi,1,Kerja Jaringan,2,Kesepian,1,Kita Indonesia,1,Kitabisa,1,KMK,1,Kominfo,1,Komunis,1,Konflik,1,Konten Negatif,1,Kontribusi,1,Korupsi,4,Koruptor,1,Kostulata,1,Kota,1,KPK,4,KPKR,1,Kreatif,1,Kritik Sastra,2,KSN,2,Kufur,1,Kurnia Patma,1,KWI,2,Larantuka,1,LDKM,1,Lingko Ammi,1,Liovina,1,Literasi,2,LKK,1,Low Budget,1,LPDP,2,Luka,2,Lut_q,1,Mahasiswa,3,mahasiswa katolik,1,maliku,1,Marz,1,Maumere,1,MDGs,1,Media online,1,Media Sosial,3,Membaca,6,Meme,1,Menangis,1,Menkominfo,1,Menulis,4,Mesir,1,Messi,1,Milenial,1,Minder,1,Moral Negara,1,Moralitas Negara,1,Mother Earth,1,MPAB,4,Muda,3,Myanmar,1,Nagakeo,1,Narkoba,1,Nasional,1,Natal,1,Nawa Cita,1,Negro,1,Nilai-nilai,1,Nommensen,1,NTT,3,Opini,54,Orang Muda,4,Organisasi,4,Ormas,1,Pahlawan,1,Palopo,1,Pancasila,2,Papua,1,Partai Politik,1,Passport,1,Patriarkis,1,Paus,1,Pedagang,1,Pelantikan,2,Pelantikan Anggota Baru,1,Pematangsiantar,3,Pembelajaran Kooperatif,1,Pemerintah,1,Pemimpin,2,Pemuda,2,Pemudi,1,Pendidikan,4,Pendidikan Indonesia,2,pengabdian,1,pengamat,1,Penonton,1,Penulis,1,Perang,1,Perbedaan,1,Percaya Diri,1,Perempuan,1,perkebunan,1,PERPPU,1,Persimpangan,1,Pesan Instan,1,Pewarta,1,Philosophy Award,1,PMKRI,33,PMKRI Bengkulu,1,PMKRI Cabang Bengkulu,1,PMKRI cabang maumere,1,PMKRI cabang Pematangsiantar,1,PMKRI Cabang Tondano,1,PMKRI Cabang Yogyakarta,1,PMKRI Manokwari,1,PMKRI Pematangsiantar,1,Politikus,1,Politk,1,Pontianak,2,Portugal,1,PPDKS,1,Prancis,1,Presiden,1,Pribumi,1,Puisi,14,Pulang,2,Pulang Kampung,1,Qiana,1,Radikal,1,Radikalisme,2,Refleksi,2,Refleksi Sumpah Pemuda,1,Reformasi,1,Riview,1,Robertus Dagul,1,Rohingya,2,Romo Prof. DR. Franz Magnis-Suseno,1,Ronaldo,1,Sahabat,1,Sangge-sangge,1,SBY,1,SDGs,1,SDN Nggoang,1,Sejawat,1,Sekolah,1,Seks,1,serai,1,Simalungun,1,SJ,1,sm3t,1,Sosdodihardjo,1,Sosial,2,Spirit,1,Sriwijaya Air,1,Stadium General,1,Studium Generale,1,Sukses,1,Sulawesi Utara,1,Sumpah Pemuda,1,Surat,1,Surat Terbuka,2,Suster,1,Sydney Opera House,1,Taruna Merah Putih,1,Tembok,1,Thomas,1,Tiga,1,TMP,1,Tomson,2,Tri Hari Suci,1,Trip N Vlog,1,TRIP N VLOG #PULANG KAMPUNG,1,Tungku Batu,1,UGM,1,UNIPA,1,Universitas HKBP Nommensen,1,Universitas pakuan bogor.,1,Universitas Tanjungpura,1,UNJ,1,Urban,1,Uruguay,1,UU MD3,1,Valentine,1,Vatikan,1,Vatkian,1,Veteran,1,Vox Point,1,wacana,2,wanita,1,War On Drugs,1,Wartawan,1,WiFi,1,World Youth Forum,1,WYF2017,2,YLBHI,1,Yogen,7,Yogyakarta,1,Zaman Now,1,
ltr
item
katakanlah: Black Panther (Bukan Tentang Dilan)
Black Panther (Bukan Tentang Dilan)
Sebenarnya, pengin bahas Dilan 1990 sih, tapi, kayaknya nggak deh, filmnya ndak asyik. Jangan ada yang marah! Menurut saya emang ndak ada asyiknya (Dulu waktu di Palembang itu, itu kecelakaan). Atau jangan-jangan saya yang tidak romatis ya, astaga, benarkah? Epen ah!
https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/evjmGbD1TXvDgUHRykNPr07YiK8=/0x0:6000x4000/1200x800/filters:focal(2503x994:3463x1954)/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_image/image/58740953/BlackPanther596d2f166e594.0.jpg
katakanlah
http://www.katakanlah.com/2018/04/black-panther-bukan-tentang-dilan.html
http://www.katakanlah.com/
http://www.katakanlah.com/
http://www.katakanlah.com/2018/04/black-panther-bukan-tentang-dilan.html
true
8814382905702038148
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All rekomendasi LABEL arsip CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy