Kurangi Penggunaan Plastik dan Tontonlah Aquaman! (Review)



Film ini mirip kisah film Black Panther karena ada adegan perebutan tahta kerajaan. Namun sebelum dilanjutkan, maukah kita berkomitmen untuk mengurangi penggunaan plastik? Sebelum mengurangi penggunaan plastik dengan cara berhenti minum pakai sedotan plastik, misalnya, buang dulu sampahmu pada tempatnya. Setelah itu, mari kita mulai review film Aquaman yang sudah bisa ditonton di bioskop-bioskop kesayangan Anda.

Seperti film-film lainnya, dan jenis karya seni lainnya, Aquaman oleh semua yang terlibat di dalam pembuatan film ini ingin menyampaikan suatu pesan yang berguna bagi kebaikan bersama, walau tidak tertutup kemungkinan ada ideologi-ideologi tertentu yang disamarkan yang ingin disamarkan juga menurut kajian analisis wacana kritis.

Kisah dalam film ini diawali pada tahun 1985 ketika seorang penjaga mercusuar yang menemukan perempuan yang terdampar entah dari mana di pinggir pantai yang berbatu di dekat mercusuarnya, entah kebetulan atau tidak. Mengapa saya meragukannya, pasalnya adegan ini terkesan dipaksakan. Mesti sekali seorang penjaga mercusuar harus periksa pinggiran pantai pada malam itu, dan kita tidak tahu mengapa dia harus beradegan semacam itu.

Laki-laki dan perempuan itu adalah calon ayah dan ibu si Aquaman, yang merupakan tokoh utama dalam film ini. Ayahnya diperankan oleh Temuera Morrison dengan nama Tom Curry, ibunya diperankan oleh Nicole Kidman dengan nama Atlanna, sedangkan Aquaman atau Arthur dalam film ini diperankan oleh Jason Momoa.



Karena film ini tayang di tahun 2018 bulan Desember, maka jika Arthur benar-benar hidup di dunia nyata maka dia sekarang sedang berumur 33 tahun. Apakah ada hubungannya dengan Yesus? Mengapa pertanyaan ini penting karena, Yesus wafat pada saat berusia kira-kira 33 tahun setelah melakukan karya publik-Nya selama 3 tahun. Dan film ini tayang pada bulan Desember, bulan kelahiran Yesus menurut kepercayaan umat Kristiani, tapi entahlah.


Selain itu, dalam film ini, dikisahkan sebelum Arthur cukup mengerti bahwa dia memiliki kekuatan khusus, dia mampu berkomunikasi dengan ikan ketika dia di-bully teman-temannya saat mereka study tour ke aquarium raksasa. Hampir mirip kisah dan usianya dengan pemeran Yesus dalam film The Young Messiah yang rilis tahun 2016 lalu, yang juga mengisahkan Yesus memulai mujizat pertamanya dengan menghidupkan kembali burung yang telah meninggal di pinggir pantai, dan dia tidak menyadari perbuatannya itu. Kedua tokoh ini, Arthur kecil dan Yesus kecil ini tidak tampat tidak terlalu paham dengan apa yang telah mereka lakukan, mereka sama-sama tidak tahu sedang melakukan hal aneh pada saat itu.Saya benar-benar tidak tahu, apakah ini kebetulan saja atau sudah diatur sedemikian rupa.



Setelah scene itu, Arthur dewasa dikisahkan menolong tentara Rusia (kalau tidak salah) yang sedang dirompak oleh bajak laut yang memiliki kapal canggih seperti kapal (terbang) perang menyerupai ikan manta. Perompak yang didalangi oleh Ayah dan Anak yang akan menjadi musuh bebuyutan Arthur. Anak perompak itu diperankan oleh Yahya Abdul-Mateen II yang berperan sebagai Manta. Dalam adegan itu, ayah Manta meninggal karena tertimpa bom atom dan karena putus asa harus meledakkan diri agar anaknya, Manta tidak berusaha menolongnya dan akhirnya ikut mati bersamanya karena tenggelam. Dia tahu persis berat bom atom itu dan dia yakin anaknya tidak akan mampu mengangkatnya.



Nun jauh di bawah samudra Atlantis, raja Orm yang diperankan Patrick Wilson di kerajaan Atlantis ingin memusnahkan penduduk daratan karena telah mencemari dunia bawah laut yang mereka tempati dengan banyak limbah dari pembuangan sisa-sisa produksi pabrik hingga limbah plastik. Untuk mendapat legitimasi yang kuat, raja Orm harus mendapat pengakuan dan dukungan dari raja-raja laut lainnya. Berbagai carapun dibuatlah untuk itu dan cara buruknya itulah yang menandakan dia adalah pemeran antagonis dalam film ini. Bagian ini tentu ingin menyindir kebiasaan buruk kita manusia yang sudah mencemari lautan dengan macam-macam limbah termasuk plastik, yang mengancam banyak ekosistem laut. Namun limbah yang mencemari lautan itu tidaklah terlalu kuat untuk memusnahkan penduduk daratan, raja Orm lalu meminta bantuan Manta untuk pura-pura menyerang penduduk Atlantis untuk meyakinkan bahwa penduduk daratan adalah ancaman hingga ia mendapat dukungan dari raja-raja laut lainnya.



Sedangkan pemeran protagonis tentu saja Arthur si Aquaman, Atlanna ibunya, Mera yang diperankan oleh Amber Heard yang akan menjadi kekasih Arthur di bagian akhir film ini, dan Vulko yang diperankan oleh Willem Dafoe yang seolah ingin menghapus citra buruknya karena sudah memerankan peran antagonis dalam film Spiderman.



Mera tiba-tiba muncul dan memberitahukan bahwa raja Orm ingin menghukum penduduk daratan dengan memusnahkan mereka, peringatan awal sudah dilancarkan dengan mengembalikan banyak sampah plastik yang terendap di lautan menggunakan gelombang lautan yang besar di banyak belahan dunia. Satu-satunya cara untuk menghentikan niat raja Orm yang adalah adik tirinya Arthur adalah merebut tahta kerajaan Atlantis, karena dia juga merupakan keluarga kerajaan yang memiliki hak yang sama.


Awalnya Arthur tidak mau karena dia memang tidak gila jabatan, selain dia merupakan anak yang tidak diinginkan keluarga kerajaan karena ayah biologisnya berasal dari daratan. Karena dari dua dunia yang berbeda, haram hukumnya untuk saling mencintai dan membangun keluarga, seperti merendahkan derajat kerajaan lautan, yang merasa lebih tinggi derajatnya dibanding dengan penduduk daratan.



Film ini sarat makna karena, seolah ingin mengingatkan bahwa kita semua itu sama namun sering kita merasa bahwa suku atau ras kita sendiri lebih tinggi dari ras atau suku orang lain. Dikotomi antara penduduk pribumi dan non pribumi yang sering terdengar di Indonesia akhir-akhir ini, bahkan penolakan-penolakan yang ada terhadap para pengungsi ingin disindir dalam film ini dalam dialog yang sangat sarat maknanya (menurut saya) yakni: “Kau disesatkan ayahmu, hanya ada satu dunia, (yang terdiri dari) lautan dan daratan”. Kita satu, dunia satu, dan mari saling bersinergi demi kebaikan bersama, tanpa ada yang merasa lebih tinggi dan yang lain merasa lebih rendah. Selain itu, perang sama sekali bukan jalan untuk mencapai kebaikan bersama. Harus selalu dicari win-win solution.



Walau sudah diyakinkan Mera bahwa dia benar-benar pantas menjadi raja karena memang berasal dari dua dunia yang berbeda yang mampu mempersatukan keduanya tetap saja Arthur tidak mau. Namun akhirnya Arthur mau mencoba untuk merebut takhta itu karena ayah yang dicintainya terancam mati juga jika raja Orm memorakporandakan daratan dengan tsunami, misalnya.

Memberanikan diri karena sudah dilatih oleh Vulko dari kecil, dia dan Mera berangkat untuk merebut takhta kerajaan Atlantis, dan dia kalah telak. Namun sebelum raja Orm berhasil membunuh Arthur, Mera membawa Arthur menggunakan pesawat kecilnya mencari tongkat sakti milik moyangnya. Karena hanya itulah satu-satunya cara agar Arthur bisa mengalahkan raja Orm yang sungguh-sungguh terlatih di bawah laut.



Dalam pencarian tongkat sakti itu, Arthur dan Mera dihadang oleh Manta dan pasukan raja Orm lainnya. Manta disewa jasanya untuk membunuh Arthur karena penduduk laut tidak bisa hidup di daratan tanpa bantuan air, dan Manta adalah penduduk daratan yang lebih lihai bertarung di daratan, berhubung karena Manta memiliki dendam pribadi kepada Arthur, bersemangatlah Manta untuk meburu Arthur. Dengan peralatan yang super canggih, mulailah perburuan Manta akan Arthur musuh bebuyutan, yang menyebabkan ayahnya meninggal.

Namun Manta dan anak buahnya mampu ditumpas, singkatnya mereka sampai di sebuah samudera yang dihuni oleh banyak makhluk yang bernama Trench, seperti samudara yang dihuni setan-setan. Merka terbantu karena tiba-tiba (terlalu dipaksakan) mereka tahu kalau trench takut dengan cahaya. Namun sangkin banyaknya mereka cahaya itu tidak terlalu membantu, dan tiba-tiba mereka sampai di inti bumi dibawa oleh satu trench yang adalah Atlanna ibu Arthur. Akhirnya Arthur memperoleh tongkatnya dan mampu mengalahkan raja Orm, dan selamatlah penduduk daratan.

Kisah cinta Atlanna dan Tom-pun berseri lagi seperti bunga di musim bunga (hehehe), romantisnya, Arthur mengadu kepada ibunya kalau ayah, setiap pagi selalu pergi ke pinggir pantai untuk menantikan kepulangan Atlanna yang meninggalkannya, sejak hari kepergiannya sampai sekarang. Romantis banget kan? Kalau guwe bilang sih, loe akan jauh lebih romantis jika buang sampah pada tempatnya dan berusaha mengurangi penggunaan plastis. Romantis pada ibu pertiwi, Mother Earth. Dan saya akhiri review ini dengan mengucapkan: “Selamat menantian kelahiran Yesus”.

Tonton thriller-nya di bawah ini: 


Oleh: Tomson Sabungan Silalahi
Instagram: @tomsonsilalahi

KOMENTAR

Ads

Nama

.id - Jejak Pencarian,4,#AksaraPark,1,#AsepEdiSuheri,1,#BareskrimPolri,1,#Bawaslu.#Bawslu_Simalungun.#Pemilu_Serentak_2024.,2,#BawasluSimalungun. #Panwaslu. #PKD. #Pemiluserentak2024.,1,#BayiHarimauSumatera,1,#Berita,5,#BinaryOption,1,#BKSDASumut.,1,#BobbyNasution,2,#bupati_langkat,1,#BupatiLangkat,1,#BupatiSimalungun,1,#CipayungPlusPalembang,1,#Dairi,1,#DataPemilih,1,#DemokrasiAdildanBerintegritas,1,#DinasPUMedan,1,#DiskusiOnline,1,#DiskusiPublik,1,#DoniSalmanan,1,#DPRDSimalungun.,1,#DPRDSumut,1,#DPRDTapsel.,1,#EdyRahmayadi,1,#fempop,1,#GMKIPSS,2,#GubernurSumut,1,#HarimauSumatera,1,#HiburanMalam,1,#HumaTPL,1,#IndraKenz,1,#KAMMI,1,#KAMMI.,1,#KejaksaanNegeriSimalungun,1,#KerangkengManusia,1,#kerangkengmanusia.,1,#KMKSt.AlbertusMagnus,1,#KomisiADPRDSumut,1,#KriminalitasAktifis.,1,#MabimPMKRIMalang.,1,#MahasiswaKatolik.,1,#Maladministrasi.,1,#MaladministrasiKPIDSumut,1,#MasyarakatAdat,1,#MasyarakatAdatSihaporas,1,#MinyakGoreng,1,#NurEkoSuhardana,1,#Olimpiade,1,#OmbudsmanRISumut,1,#PartaiPrima,1,#PDKAMMIMedan,1,#PDKAMMIMedan#Evaluasi1tahunBobby-Aulia,1,#PDKAMMITapsel,1,#PemiluSerentak2024,1,#PemudiDairi,1,#Pendidikan.,1,#PengadilanNegeriSimalungun,1,#PengendaraSepedaMotorTabrakSPKTPolresSiantar,1,#PenghargaanInternasional.,1,#PMKRIMalang,1,#PMKRIMedan,2,#PMKRISiantar,3,#PoldaSumut,1,#PolresSiantar,1,#PolresSimalungun,1,#PPKM.,1,#RakyatHarusSejahtera,1,#ReformasiPolri,1,#RehabKantorBupatiSimalungun,1,#SMPCR2Siantar,1,#SPKTPolresSiantar,1,#SusantiDewayani.,1,#TabrakSPKTPolresSiantar,1,#terbitrencanaperanginangin,1,#TerbitRencanaPeranginangin.,1,#TheBestProjectGroupOfEducation,1,#TolakPenundaanPemilu,1,#tolakpresiden3periode.,1,#TolakTambangPTTrioKencana.,1,#UMKKMKUSU,1,#UniversitasKatolikMusiCharitasPalembang,1,#WalikotaMedan,1,#WalikotaMedan.,1,#WalikotaSiantar,1,1000 Lilin,1,11TahunKompasiana,1,1965,1,1998,1,2018,1,2019,3,3 Tahun,1,4 Pilar MPR-RI,1,9 November,1,A Lonely Boy,1,A man called Otto,1,Ad Hominem,1,Adu Domba,1,Advokasi,2,Advokat,1,Agama,1,Agraria,1,Ahok,1,AHY,1,Aibon,1,akbid santa benedicta pontianak,1,Aksi,1,Aksi 3 Tahun Jokowi-JK,1,Aktivis Muda Katolik,1,Alfon Hutabarat,2,Alfred,1,Alfredo,1,Alfredo Pance Saragih,1,Aliansi Mahasiswa Siantar Simalungun (AMSS),3,Almamater,1,Alumni,1,Amorphophallus gigas,1,Amorphophallus paeoniifolius,1,Amorphophallus prainii,1,Amorphophllus titanumn Ades Galingging,1,AMSB,1,Anak,2,Ananda,1,Ancaman Pemilu,1,Andalas,1,Andreas Saragih,1,Anies,1,Anis Baswedan,1,Antikorupsi,1,Aquaman,1,Aquaponik,1,Araceae,1,Argentina,1,Artikel,51,Asian Games,1,Asrida Sigiro,2,Asuransi Jiwa Kresna,1,Australia,1,Bahasa,1,Bahasa Inggris,6,Bajawa,1,Bakti Sosial,1,balaikota Jakarta,1,Bapa Kami,1,Batak,1,Bedah Buku,1,Beijing,1,Belajar,1,Belajar Online,1,Bengkulu,1,Berbuah,1,Beriata,1,Berita,211,Berita Sumatera Utara,8,Berita. Sumatra Utara,2,Berjuang,2,Berkarya,2,Bersumpah,1,Berubah,2,Beruntung,1,BeyondBlogging,1,Bhinneka Tunggal Ika,1,Bidan,1,Bintang Emon,1,Biografi,1,Bisnis,1,Bisnis Masa Kini,1,Bitcoin,1,Black Panther,1,Black Pather,1,boarding pass,1,BOM Makassar,2,Budi Mulia,1,Budi Purba,1,Bukopin,1,Buku,6,Bully,1,Bumi,1,Bumi Manusia,1,BUMN,2,Bunga Bangkai,1,Bunuh Diri,2,Bupati Simalungun,1,Buruh,1,Cacat Nalar,1,cadar,1,Camping Rohani,2,Candu,1,Candu Pesan,1,Candu Pesan Instan,1,Capres,1,Carla,2,Carla Makay,2,Catatan,2,Catatan Akhir Tahun,1,Cawapres,1,Cerita,2,Cerita Pendek,3,Cerpen,8,Cewek,1,Changi,1,chatting,1,Cinta,3,Cinta Rakyat,2,Cinta Rakyat 2,1,Cinta Rakyat Cup,1,Cipayung,8,Cipayung Plus,2,cipayungpluskendari,1,Cipta Kerja,3,Cookies and Bakery,1,Cooperative Learning,1,Corona,1,Corona Virus,4,Cosmas Batubara,1,COVID-19,25,CPNS,1,CR7,1,Crazy Rich Asians,1,Creative Minority,1,Curhat,1,da Lopez,1,Dakwah,1,Danau Toba,2,Dara. Kathulistiwa,1,Daring,2,Data,1,Deepavali,1,Deklarasi,2,Demokrasi,5,Demokrat,1,Desa,1,Desa Dampingan,1,Devide et Impera,1,Dewi,1,Di Jakarta Tuhan Diburu dan Dibunuh,1,Dicky,1,Dicky Gultom,1,Dies Natalis PMKRI,1,digital,1,Dilan,2,Dion Dhima,1,Disinfekatan,1,Diskusi Publik,2,Disrupsi,1,Ditolak,1,Diwali,1,DIY,1,Djarot Saiful Hidayat.,1,DKJ,1,Doa,1,Dogma,1,Dolokmarlawan,1,Dongeng,1,Dongeng Laki-Laki yang Kesepian,1,Donor Darah,1,Doraemon,1,Dosa,1,DPC PMKRI Jakarta Pusat,1,DPD RI,1,DPP GmnI,1,DPR,2,DPRD Kota Pematangsiantar,1,Drama,1,Dunia,1,Duterte,1,Dwi,1,Edis Galingging,1,Ekaristi,2,Elit,1,Emas,1,Eris,1,ESDM,1,Esron,3,Essai,3,Fairy Tale,4,Fakfak,1,Fakultas Kehutanan,1,Fandis,1,Fase,1,Felix,1,Felix Nesi,2,Feminin,1,Feminis,3,Feminism,2,fenomena,1,Ferdian,1,FIFA World Cup 2018,1,Film,5,Film Porno,1,Filsuf,1,Finansial,1,Flores,1,Forman,2,Forum Orang Muda Dunia,1,Fotografi,1,Fransiskus,1,Fratelli Tutti,1,Freeport,1,Frengki Simamora,2,Friska Sitorus,2,Fun Walk,1,G30S PKI,1,Gading,1,Galang Dana,1,Game,1,Garuda,1,Gaya Hidup,1,Gender,1,Genre Teks,1,Gereja,2,Germahi,1,Gilbert Lumoindong,1,GMKI,7,GMNI,4,Goethe-Institut Indonesien,1,Gubernur,1,Gunungsitoli,1,Guru,2,Hak Asasi Manusia,2,HAM,4,Harakiri,1,Harapan,1,Hari,1,Hari Bumi,2,Hari guru,1,Hari Kemerdekaan,1,Hari Pahlawan,1,Hati Gajah,1,Hebei,1,Hegemoni,1,Hendra Sinurat,1,Henry Golding,1,herbal,1,Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Nias,1,Hinca Pandjaitan,1,Hindu,1,HMI,1,hoaks,2,Hoax,3,Holiday,1,Hong Kong,1,HUKUM,2,Human Rights,1,Human Trafficking,1,Hungary,1,HUT RI,1,hutan,2,Hymne,1,ID42NER,1,Ignasius Jonan,1,Ignatius Pati Ola,1,IKASANTRI,1,IMPD,1,Imunitas,1,Indonesia,1,Indonesia bangkit,2,Indonesia Emas 2045,1,informasi,2,International Woman's Day,1,Internet,4,Introver,1,Investasi,1,IPB,2,ISKA,1,Istirahat,1,Istri,1,Jakarta Pusat,1,Jambi,1,Jarot Winarno,1,Jaya,2,Jenazah,1,Jenicamay,1,Jepang,1,Jimly Institute,1,JK,1,Joker,1,Jokowi,4,Jomblo,1,Jurnalis,1,Kabupaten Sintang,1,Kalbar,2,Kalimantan Barat,2,Kampanye Sosial,1,Kampus,1,Kampus GIHON,1,Karakter,1,Kartini,3,kasih,1,Katakanlah,1,Katolik,7,Kawin Tangkap,1,keadilan,2,Kebangsaan,1,Kebebasan Berpendapat,1,Kebosanan,1,Kecanduan,1,Kecelakaan Pesawat,1,Kejagung,1,Kejaksaan Negeri Sinatar,1,Kekerasan Anak,2,Kekerasan Polisi,1,Kekerasan Seksual,2,Kekristenan,1,Keledai Yang Terjebak,1,Kelompok Cipayung,2,Keluarga,3,Kemenkes,1,Kemeristekdikti,1,Kemiskinan,1,Kendari,1,Kepemimpinan,1,Keperawanan,1,Kepercayaan,1,Kerabat Antropologi,1,Kerja Jaringan,2,Kesehatan,1,Kesepian,1,Keuskupan Agung Medan,1,Kind Boy,1,Kita Indonesia,2,Kita_Indonesia,1,Kitabisa,1,KKNT,1,KMDA,1,KMDM,5,KMDM.,1,KMK,1,KMK USI,1,KNPI,2,KNPI Siantar,2,KOKASI,1,Komda III,2,KOMDA SUMBAGUT,2,Kominfo,1,Kompas,1,Kompasiana,1,Komunitas,1,Konferensi Studi Nasional,1,Konflik,1,Konsensus,1,Konsumtif,1,Konten Negatif,1,Kontribusi,1,Kopi,1,Korupsi,8,Koruptor,1,Kostulata,1,Kota,1,Kota Pematangsiantar,4,KPK,9,KPKR,1,Kreatif,1,Kriminalisasi,1,Kristen,1,Kritik Sastra,10,KSA,1,KSN,3,KSR,2,KTD,1,Kuala Namu,1,Kufur,1,KUPIKIR,2,Kurnia Patma,2,KWI,2,Lamada,1,Larantuka,1,Latihan Kepemimpinan UHKBPNP,1,Laudato Si',1,LDK,1,LDKM,1,Lem Aibon,1,Lince Sipayung,1,Lingko Ammi,1,Lingkungan,1,Liovina,1,Literasi,3,LKK,1,Lockdown,1,Logical Fallacy,1,Lomba,1,Lomba Cipta Opini,1,Low Budget,1,LPDP,2,LPPM Unand,1,LQ Indonesia Lawfirm,1,Luka,2,Lukisan,1,Lut_q,1,MABIM,2,Madura,1,Mahasiswa,8,mahasiswa katolik,1,maliku,1,Maluku,1,Manusia-manusia tidak berguna,1,Margasiswa,1,Mario,1,Maritim,1,Marz,1,Masa Bimbingan,1,Masyarakat Adat,5,Maumere,1,MDGs,1,Medan,1,Media online,1,Media Sosial,3,Membaca,6,Meme,1,Menangis,1,Mengajar,1,menghapal,1,Menkominfo,1,Menkopolhukam,1,Menpora,1,Menristekdikti,1,Menulis,7,Mesir,1,Messi,1,Messiah,1,MHR,1,Migran,1,Milea,1,Milenial,2,Millennial,1,Minder,1,Mohctar Lubis,1,Moral Negara,1,Moralitas Negara,1,Mother Earth,1,MPA,1,MPAB,8,MPR,1,Muda,5,Myanmar,1,Nagakeo,1,Napza,1,Narkoba,1,Nasional,1,Natal,3,Nawa Cita,1,New Normal,2,Ngeri-ngeri sedap,1,Ngiler,1,Nias,3,Nilai,1,Nilai-nilai,1,Noam Chomsky.,1,Nommensen,1,Novel,1,Novel Baswedan,1,NTB,1,NTT,4,Nyai Ontosoroh,1,OJK,1,Olimpiade,1,Ombibus Law,1,OMK,1,Omnibus Law,4,Opening Ceremony,1,Opini,119,Orang Miskin,1,Orang Muda,4,Orang Tua,1,Organisasi,4,Ormas,1,OrmasKatolikSultra,1,Pacaran,1,Padang,1,Pagi Bening,1,Pahlawan,3,Palopo,1,Pancasila,4,Pandemi,5,Papua,6,Parapat,1,Paroki Jalan Bali,1,Partai Politik,1,Passport,1,Patriarkis,1,Paus,1,Paus Fransiskus,2,PDKS,1,Pedagang,1,Pedidikan Indonesia,1,Pejuang,1,Pelaka,1,Pelantikan,3,Pelantikan Anggota Baru,1,Pelatihan jurnalistik,3,Peluang,1,Pemahaman,1,Pematangsiantar,16,Pematangsiantar.,2,Pembelajaran,2,Pembelajaran Daring,1,Pembelajaran Kooperatif,1,Pemberantasan,1,Pemerintah,2,Pemilu,1,Pemimpin,2,Pemko pematangsiantar,2,Pemuda,5,Pemuda Katolik,1,Pemuda Milenial,1,Pemudi,1,Pencemaran Nama Baik,1,Pendidikan,9,Pendidikan Formal,1,Pendidikan Indonesia,2,pengabdian,1,pengamat,1,Pengantar,1,Penghinaan,1,Penjajahan,1,Penonton,1,Penulis,1,Penyalahgunaan Internet,1,Peradaban,1,Perang,1,Perbedaan,1,Percaya Diri,1,Perempuan,3,Perguruan Tinggi,1,Perjuangan,2,perkebunan,1,PERPPU,2,Persepuluhan,1,Persimpangan,1,Pertanian Berkelanjutan,1,Pesan Instan,1,Pesawat,1,Pewarta,1,Philosophy Award,1,Pidana,1,PIDATO,1,Pidato Presiden,1,Pilkada,5,Pilkada Samosir,1,Pilpres,1,PKB,1,PMII,1,PMKRI,92,PMKRI Bengkulu,2,PMKRI Cab. Palopo,1,PMKRI Cab. Pematangsiantar,5,PMKRI CAB.PEMATANGSIANTAR,8,PMKRI Cabang Bengkulu,1,PMKRI Cabang Kupang,1,PMKRI cabang maumere,1,PMKRI cabang Pematangsiantar,3,PMKRI Cabang Tanah Karo,1,PMKRI Cabang Tondano,1,PMKRI Cabang Yogyakarta,1,PMKRI Kendari,4,PMKRI Manokwari,1,PMKRI Pematangsiantar,7,PMKRI Ruteng,1,Politik,1,Politikus,1,Politisasi Agama,1,Politk,1,Pontianak,2,Pop,1,Portugal,1,PPDKS,1,Prabowo,1,Practice,1,Prancis,1,Presiden,1,Pribumi,1,PSI,1,psikologi,1,PUan Maharani,1,Puisi,27,Pulang,2,Pulang Kampung,1,Putri Cicilia,1,Qiana,1,Quilt,1,R. Wahyu Handoko,1,Radikal,1,Radikalisme,3,RAKERCAB,1,Ranperda,1,Rasisme,2,Refleksi,4,Refleksi Sumpah Pemuda,1,Reformasi,1,Regenerasi,1,Reijefki Irlastua,1,Represif,1,Resesi,1,retreat,1,retret,1,Reuni,1,Review,1,Review Buku,2,Revisi UU KPK,2,Rini Marisa Silalahi,1,Riview,1,Rizky Sitanggang,1,Robertus Dagul,1,Rohingya,2,Romantisme,1,Romo Prof. DR. Franz Magnis-Suseno,1,Ronaldo,1,RUACC,1,Ruang Publik,1,Sahabat,1,Samuel Manurung,1,Sangge-sangge,1,Santri,1,SBY,1,SDA,1,SDGs,1,SDM,1,SDN Nggoang,1,Sejarah,1,Sejawat,1,Sekolah,2,Seks,1,Selvi,1,Seminar Nasional,3,Seni,2,Sensory Ethnography,1,serai,1,Sesat Pikir,1,Shelter,1,SiaranPersKemenristekdikti,1,sibuk,1,Sihaporas,2,Simalungun,3,Sinetron,1,Sintang,1,SJ,1,SLB,1,sm3t,1,SMP Cinta Rakyat,1,SMP CR 2,1,Sosdodihardjo,1,Sosial,3,Spirit,1,Sriwijaya Air,1,Stadium General,1,Studium Generale,1,Study Tour,1,Study Tour Ke Tiongkok,1,Suara Kecil Rakyat,1,Sukses,1,Sulawesi Utara,1,Sumatera Barat.,1,Sumatera Utara,1,Sumatera Utara.,1,Sumba,1,Sumpah,1,Sumpah Pemuda,2,Surat,2,Surat Terbuka,2,Surya Tjandra,1,Suster,1,Sydney Opera House,1,Taiwan,1,Taruna Merah Putih,1,Teater Arsip,1,Teater Kecil,1,Teknologi,1,Tembok,1,Temu Pemuda Lintas Iman Kalbar,1,TEPELIMA,1,Thomas,1,Tiga,1,TIM,2,Tiongkok,1,TKA,1,TMP,1,Toleransi,2,Tomson,5,Tomson Sabungan Silalahi,8,Transformasi,2,Tri Hari Suci,1,Trip N Vlog,1,TRIP N VLOG #PULANG KAMPUNG,1,Tungku Batu,1,UGM,1,UKT,1,UMKM,1,UNIPA,1,Universitas HKBP Nommensen,1,Universitas pakuan bogor.,1,Universitas Simalungun,1,Universitas Tanjungpura,1,UNJ,1,Urban,1,Uruguay,1,UU Cipta Kerja,1,UU MD3,1,Valentine,3,Vatikan,2,Vatkian,1,Veteran,1,Vian,1,Visi,1,vocabularies,1,Vokasi,1,Vox Point,1,wacana,2,Walikota,1,walikota pematangsiantar,1,wanita,1,War On Drugs,1,Wartawan,1,Wewowo,1,whatsapp,1,Who Am I?,1,WiFi,1,Winda Astari,1,World Youth Forum,1,WYF2017,2,Yesus,2,YLBHI,1,Yogen,7,Yogen Sogen,2,Yogyakarta,1,Young Entrepreneurship,1,YouTuber,1,Zaman Now,1,
ltr
item
katakanlah: Kurangi Penggunaan Plastik dan Tontonlah Aquaman! (Review)
Kurangi Penggunaan Plastik dan Tontonlah Aquaman! (Review)
Kita satu, dunia satu, dan mari saling bersinergi demi kebaikan bersama, tanpa ada yang merasa lebih tinggi dan yang lain merasa lebih rendah. #katakanlah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgShcqqIgWB9LMS7Qot4jAVbz-lyIINlrOoTW7KPeyvxbdx-kLwJBlSJAXcnt2jJSgR3vVKvWWdiS_l5uyiyteu9kxq-IwdkzppZz5zwE_YJdawcRT6FU_a725VZDJQ5BASZJD0HHMxFi8/s640/aquaman-movie.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgShcqqIgWB9LMS7Qot4jAVbz-lyIINlrOoTW7KPeyvxbdx-kLwJBlSJAXcnt2jJSgR3vVKvWWdiS_l5uyiyteu9kxq-IwdkzppZz5zwE_YJdawcRT6FU_a725VZDJQ5BASZJD0HHMxFi8/s72-c/aquaman-movie.jpg
katakanlah
https://www.katakanlah.com/2018/12/kurangi-penggunaan-plastik-dan.html
https://www.katakanlah.com/
https://www.katakanlah.com/
https://www.katakanlah.com/2018/12/kurangi-penggunaan-plastik-dan.html
true
8814382905702038148
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All rekomendasi LABEL arsip CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy