APAKAH AKU LEBIH BERUNTUNG DARI YANG LAIN?

 

APAKAH AKU LEBIH BERUNTUNG DARI YANG LAIN?

Tentang sebuah pilihan, ada banyak faktor yang melatarbelakangi. Ada faktor kesadaran dan ada juga faktor emosi. Pilihan saya kali ini merupkan  akibat dari rasa marah terhadap kedua orangtua dan diri sendiri. Menyandang status sebagai anak pertama dalam keluarga membuat tanggungjawab orangtua jatuh ke pundak saya. Hal ini terjadi setelah saya menyelesaikan kuliah dan bekerja. Dua adik yang paling bungsu menjadi tanggungjawab saya. Mereka berdua tinggal bersama saya, saat ini mereka menduduki bangku SMP dan SMA.

Dua tahun lebih saya menjadi tenaga pendidik di salah satu sekolah swasta di Pematangsiantar. Banyak pengalaman berahmat yang saya terima saat menjadi guru bagi anak-anak yang saya dampingi. Tiga bulan menjelang akhir berlakunya SK (Surat Keputusan) pengangkatan sebagai guru di sekolah tersebut, saya harus membuat permohonan untuk perpanjangan kontrak kerja dengan Yayasan. Namun saya tidak melakukannya. Alasannya hanya satu saya tidak menemukan solusi saat berembuk dengan orangtua. Mereka seakan-akan melepaskan tanggung jawab dan meletakkannya di pundak saya. Maka dalam hati terbersit salah satu cara terbaik yaitu menjauh untuk sesaat. Akhirnya keputusan untuk mengundurkan diripun saya lakukan. 

Beberapa bulan saya hidup dalam ketidak pastian. Menjadi pengangguran adalah beban pikiran terbesar dalam hidup saya. Apalagi dalam situasi pandemi  saat ini. Jangankan lowongan pekerjaan, orang yang sudah bekerja saja banyak yang di-PHK. Niat saya untuk meninggalkan kota Pematangsiantar pupus sudah. Semua terasa gelap. 

Namun atas saran dari seorang teman, saya melakukan Doa Novena sebanyak dua kali secara berturut-turut.  Puji Tuhan, permohonan saya dikabulkan Tuhan. Saya diterima sebagai guru di SLB B Pangudi Luhur-Jakarta. Buah doa semakin saya rasakan saat mampu berdamai dengan orangtua, dan juga diri sendiri. Bahkan kini, saya mampu mengikhlaskan segala hal walaupun  saya pernah memilikinya. 

Pada tanggal 30 Juni 2020 saya tiba di Jakarta.  Banyak ketakutan yang terbersit dalam hati. Saya merasa sendiri di lingkungan yang serba baru. Ketakutan terbesar saya yaitu menggunakan “Bahasa isyarat atau Sign Language” yang tidak saya ketahui sedikitpun. Saya sadar, saya bukan lulusan dari PLB (Pendidikan Luar Biasa), yang mana pada umumnya SLB B menggunakan bahasa isyarat dalam pembelajaran sehari-hari. Namun ketakutan saya sedikit demi sedikit menghilang karena tempat saya mengabdi  di SLB B Pangudi Luhur Jakarta berbeda. Di sana anak-anak diajari untuk berbicara dan membaca ujaran serta dilatih untuk mendengar. 

Sebagai guru baru, kami ada 7 orang. Kami mengikuti kursus selama kurang lebih 15 hari. Kursus ini diselenggarakan oleh sekolah dan disetujui oleh Yayasan dengan tujuan agar guru baru lebih mudah berkomunikasi dan melaksanakan pembelajaran bersama anak tunarungu. Kursus hari pertama diawali dengan materi “Makna Hidup” yang disampaikan oleh Direktur SLB B Pangudi Luhur, Bruder Yohanes Sudarman, FIC. Dalam materi ini kami diajak sejenak merenungkan makna hidup berdasarkan pengalaman masing-masing dan melihat bagaimana hidup yang dihadapi oleh orang lain. Melalui materi ini kami diajak untuk semakin mampu mensyukuri hidup yang dijalani dan mampu memberi makna bagi orang lain secara khusus untuk siswa-siswi yang ada di SLB B Pangudi Luhur Jakarta.  Sesuai tema sekolah tahun ajaran 2020 –2021 “Hidup Ini Selalu Ada yang Baru”, tema ini mengajak kami untuk menumbuhkan semangat baru dalam hidup untuk menjalani era new normal saat ini.

Hari kedua, bahan materi dibawakan oleh Ibu Yosephine Marhastuti, S. Pd. (Kepala Sekolah Indini dan TK), Bapak Drs. Bonaventura Subagyo (Kepala Sekolah SD), dan Bapak Yohanes Tri Pamadi, S. Pd. (Kepala Sekolah SMP dan SMA) tentang Kepegawaian di Yayasan Pangudi Luhur. Peserta kursus diajarkan tentang jenjang karir para guru, staf, dan karyawan di Yayasan Pangudi Luhur. Dalam materi ini juga peserta diberi penjelasan dan pendalaman tentang aturan-aturan yang berlaku baik di lingkungan sekolah juga Yayasan Pangudi Luhur yang beralamat di Jl. Dr. Sutomo 4 Semarang.

Pada hari ketiga sampai hari terakhir peserta kursus belajar mendalami metode dan teknik pengajaran yang dilakukan di SLB B Pangudi luhur. Menurut pemateri kursus, Bapak Wagiman, Ibu Murwani, dan Bruder Anton FIC, metode MMR (Metode Maternal Reflektif) yang diberlakukan di sekolah ini efektif dalam kegiatan belajar mengajar karena prinsipnya pembelajaran berpusat pada anak. Selain berpusat pada anak, ciri percakapannya intersubjektivitas yang artinya dua hati memikirkan atau membicarakan satu objek yang sama. Biasanya objek yang digunakan berasal dari anak itu sendiri, kemudian keluarga, lingkungan, dan berkembang ke masyarakat luas. Tujuannya adalah agar anak mengenal diri sendiri terlebih dahulu.

Metode pembelajaran MMR memiliki banyak kelebihan namun tidak lepas dari kekurangan.  Salah satunya adalah saat dalam proses belajar mengajar masing-masing anak menawarkan tema/topik pebelajaran yang berbeda-beda, guru harus mampu memilih salah satu topik pembelajaran tanpa memberikan kesan buruk pada anak yang lain. Melalui percakapan di kelas, guru juga diharapkan mampu membuat sebuah bacaan/cerita, baik cerita deposit maupun cerita perseptif dengan tujuan menambah kosakata baru anak, melatih memahami bacaan, dan melatih fantasi anak.

Pada pertemuan terakhir, tiga hari berturut-turut peserta kursus disuguhkan materi tentang pengajaran wicara dan irama pada anak tunarungu. Dalam materi ini peserta berlatih mengucapkan huruf-huruf secara jelas lalu kemudian mengucapkan beberapa kosakata. Tujuannya agar anak-anak lebih paham dengan melihat guru mengujarkan kata-kata dengan jelas karena pendengaran mereka yang terhambat. Pembelajaran irama bertujuan untuk melatih pendengaran anak dan membantu anak dalam mengontrol emosi.

Setelah melalui kegiatan-kegiatan tersebut dan berinteraksi dengan guru-guru yang lebih senior rasa takut perlahan mulai berkurang. Bekal yang saya dapatkan saat kursus dan masukan dari guru senior membuat saya semakin semangat. Saya sungguh beruntung. Tuhan mengabulkan doa-doa saya dan mengirimkan orang-orang baik sebagai rekan kerja saya di tempat kerja yang baru ini. Tidak banyak orang seberuntung saya. Bukan bermaksud membandingkan dengan orang lain, namun keberuntungan ini sangat nyata dalam hidup saya.

Syukur dan terima kasih yang setinggi-tingginya saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa telah mengabulkan doa saya dan Bunda Maria yang sudi mendoakan saya. Terima kasih kepada Ibu Nita yang memberitahukan lowongan pekerjaan di SLB B Pangudi Luhur Jakarta ini. Terima kasih juga kepada seluruh pengurus Yayasan dan Sekolah yang sudi menerima saya sebagai tenaga pengajar. Semoga dalam situasi yang kurang baik di Indonesia saat ini tidak menyurutkan niat kita memberikan kebaikan-kebaikan bagi yang lain dan di dalam kehidupan kita selalu menemukan hidup baru dan semangat baru.

Harapan besar saya selanjutnya, semoga Tuhan memberi rahmat yang cukup melalui teladan dan cara mengajar para senior di SLB B Pangudi Luhur, sehingga pada saatnya, ketika saya harus mengikuti tes/ujian calon pegawai mampu menyelesaikan dengan baik. Akhirnya saya boleh menjalani proses berikutnya dan menjadi pegawai tetap Yayasan Pangudi Luhur. Niat saya “Selalu mau belajar”.


Catatan:

Penulis bernama Ekaristi Sidauruk merupakan guru mata pelajaran Matematika di SMP dan SMA LB Pangudi Luhur. Mulai bekerja sebagai guru honorer sejak tanggal 1 Juli 2020.

Penulis berasal dari Tigadolok, Kabupaten Simalungun, menyelesaikan kuliah S1 Pendidikan Matematika dari UHN Pematangsiantar, dan pernah mengajar di salah satu SLB C swasta di Pematangsiantar selama 2 tahun.

KOMENTAR

Ads

Nama

.id - Jejak Pencarian,4,#AksaraPark,1,#AsepEdiSuheri,1,#BareskrimPolri,1,#Bawaslu.#Bawslu_Simalungun.#Pemilu_Serentak_2024.,2,#BawasluSimalungun. #Panwaslu. #PKD. #Pemiluserentak2024.,1,#BayiHarimauSumatera,1,#Berita,5,#BinaryOption,1,#BKSDASumut.,1,#BobbyNasution,2,#bupati_langkat,1,#BupatiLangkat,1,#BupatiSimalungun,1,#CipayungPlusPalembang,1,#Dairi,1,#DataPemilih,1,#DemokrasiAdildanBerintegritas,1,#DinasPUMedan,1,#DiskusiOnline,1,#DiskusiPublik,1,#DoniSalmanan,1,#DPRDSimalungun.,1,#DPRDSumut,1,#DPRDTapsel.,1,#EdyRahmayadi,1,#fempop,1,#GMKIPSS,2,#GubernurSumut,1,#HarimauSumatera,1,#HiburanMalam,1,#HumaTPL,1,#IndraKenz,1,#KAMMI,1,#KAMMI.,1,#KejaksaanNegeriSimalungun,1,#KerangkengManusia,1,#kerangkengmanusia.,1,#KMKSt.AlbertusMagnus,1,#KomisiADPRDSumut,1,#KriminalitasAktifis.,1,#MabimPMKRIMalang.,1,#MahasiswaKatolik.,1,#Maladministrasi.,1,#MaladministrasiKPIDSumut,1,#MasyarakatAdat,1,#MasyarakatAdatSihaporas,1,#MinyakGoreng,1,#NurEkoSuhardana,1,#Olimpiade,1,#OmbudsmanRISumut,1,#PartaiPrima,1,#PDKAMMIMedan,1,#PDKAMMIMedan#Evaluasi1tahunBobby-Aulia,1,#PDKAMMITapsel,1,#PemiluSerentak2024,1,#PemudiDairi,1,#Pendidikan.,1,#PengadilanNegeriSimalungun,1,#PengendaraSepedaMotorTabrakSPKTPolresSiantar,1,#PenghargaanInternasional.,1,#PMKRIMalang,1,#PMKRIMedan,2,#PMKRISiantar,3,#PoldaSumut,1,#PolresSiantar,1,#PolresSimalungun,1,#PPKM.,1,#RakyatHarusSejahtera,1,#ReformasiPolri,1,#RehabKantorBupatiSimalungun,1,#SMPCR2Siantar,1,#SPKTPolresSiantar,1,#SusantiDewayani.,1,#TabrakSPKTPolresSiantar,1,#terbitrencanaperanginangin,1,#TerbitRencanaPeranginangin.,1,#TheBestProjectGroupOfEducation,1,#TolakPenundaanPemilu,1,#tolakpresiden3periode.,1,#TolakTambangPTTrioKencana.,1,#UMKKMKUSU,1,#UniversitasKatolikMusiCharitasPalembang,1,#WalikotaMedan,1,#WalikotaMedan.,1,#WalikotaSiantar,1,1000 Lilin,1,11TahunKompasiana,1,1965,1,1998,1,2018,1,2019,3,3 Tahun,1,4 Pilar MPR-RI,1,9 November,1,A Lonely Boy,1,A man called Otto,1,Ad Hominem,1,Adu Domba,1,Advokasi,2,Advokat,1,Agama,1,Agraria,1,Ahok,1,AHY,1,Aibon,1,akbid santa benedicta pontianak,1,Aksi,1,Aksi 3 Tahun Jokowi-JK,1,Aktivis Muda Katolik,1,Alfon Hutabarat,2,Alfred,1,Alfredo,1,Alfredo Pance Saragih,1,Aliansi Mahasiswa Siantar Simalungun (AMSS),3,Almamater,1,Alumni,1,Amorphophallus gigas,1,Amorphophallus paeoniifolius,1,Amorphophallus prainii,1,Amorphophllus titanumn Ades Galingging,1,AMSB,1,Anak,2,Ananda,1,Ancaman Pemilu,1,Andalas,1,Andreas Saragih,1,Anies,1,Anis Baswedan,1,Antikorupsi,1,Aquaman,1,Aquaponik,1,Araceae,1,Argentina,1,Artikel,51,Asian Games,1,Asrida Sigiro,2,Asuransi Jiwa Kresna,1,Australia,1,Bahasa,1,Bahasa Inggris,6,Bajawa,1,Bakti Sosial,1,balaikota Jakarta,1,Bapa Kami,1,Batak,1,Bedah Buku,1,Beijing,1,Belajar,1,Belajar Online,1,Bengkulu,1,Berbuah,1,Beriata,1,Berita,211,Berita Sumatera Utara,8,Berita. Sumatra Utara,2,Berjuang,2,Berkarya,2,Bersumpah,1,Berubah,2,Beruntung,1,BeyondBlogging,1,Bhinneka Tunggal Ika,1,Bidan,1,Bintang Emon,1,Biografi,1,Bisnis,1,Bisnis Masa Kini,1,Bitcoin,1,Black Panther,1,Black Pather,1,boarding pass,1,BOM Makassar,2,Budi Mulia,1,Budi Purba,1,Bukopin,1,Buku,6,Bully,1,Bumi,1,Bumi Manusia,1,BUMN,2,Bunga Bangkai,1,Bunuh Diri,2,Bupati Simalungun,1,Buruh,1,Cacat Nalar,1,cadar,1,Camping Rohani,2,Candu,1,Candu Pesan,1,Candu Pesan Instan,1,Capres,1,Carla,2,Carla Makay,2,Catatan,2,Catatan Akhir Tahun,1,Cawapres,1,Cerita,2,Cerita Pendek,3,Cerpen,8,Cewek,1,Changi,1,chatting,1,Cinta,3,Cinta Rakyat,2,Cinta Rakyat 2,1,Cinta Rakyat Cup,1,Cipayung,8,Cipayung Plus,2,cipayungpluskendari,1,Cipta Kerja,3,Cookies and Bakery,1,Cooperative Learning,1,Corona,1,Corona Virus,4,Cosmas Batubara,1,COVID-19,25,CPNS,1,CR7,1,Crazy Rich Asians,1,Creative Minority,1,Curhat,1,da Lopez,1,Dakwah,1,Danau Toba,2,Dara. Kathulistiwa,1,Daring,2,Data,1,Deepavali,1,Deklarasi,2,Demokrasi,5,Demokrat,1,Desa,1,Desa Dampingan,1,Devide et Impera,1,Dewi,1,Di Jakarta Tuhan Diburu dan Dibunuh,1,Dicky,1,Dicky Gultom,1,Dies Natalis PMKRI,1,digital,1,Dilan,2,Dion Dhima,1,Disinfekatan,1,Diskusi Publik,2,Disrupsi,1,Ditolak,1,Diwali,1,DIY,1,Djarot Saiful Hidayat.,1,DKJ,1,Doa,1,Dogma,1,Dolokmarlawan,1,Dongeng,1,Dongeng Laki-Laki yang Kesepian,1,Donor Darah,1,Doraemon,1,Dosa,1,DPC PMKRI Jakarta Pusat,1,DPD RI,1,DPP GmnI,1,DPR,2,DPRD Kota Pematangsiantar,1,Drama,1,Dunia,1,Duterte,1,Dwi,1,Edis Galingging,1,Ekaristi,2,Elit,1,Emas,1,Eris,1,ESDM,1,Esron,3,Essai,3,Fairy Tale,4,Fakfak,1,Fakultas Kehutanan,1,Fandis,1,Fase,1,Felix,1,Felix Nesi,2,Feminin,1,Feminis,3,Feminism,2,fenomena,1,Ferdian,1,FIFA World Cup 2018,1,Film,5,Film Porno,1,Filsuf,1,Finansial,1,Flores,1,Forman,2,Forum Orang Muda Dunia,1,Fotografi,1,Fransiskus,1,Fratelli Tutti,1,Freeport,1,Frengki Simamora,2,Friska Sitorus,2,Fun Walk,1,G30S PKI,1,Gading,1,Galang Dana,1,Game,1,Garuda,1,Gaya Hidup,1,Gender,1,Genre Teks,1,Gereja,2,Germahi,1,Gilbert Lumoindong,1,GMKI,7,GMNI,4,Goethe-Institut Indonesien,1,Gubernur,1,Gunungsitoli,1,Guru,2,Hak Asasi Manusia,2,HAM,4,Harakiri,1,Harapan,1,Hari,1,Hari Bumi,2,Hari guru,1,Hari Kemerdekaan,1,Hari Pahlawan,1,Hati Gajah,1,Hebei,1,Hegemoni,1,Hendra Sinurat,1,Henry Golding,1,herbal,1,Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Nias,1,Hinca Pandjaitan,1,Hindu,1,HMI,1,hoaks,2,Hoax,3,Holiday,1,Hong Kong,1,HUKUM,2,Human Rights,1,Human Trafficking,1,Hungary,1,HUT RI,1,hutan,2,Hymne,1,ID42NER,1,Ignasius Jonan,1,Ignatius Pati Ola,1,IKASANTRI,1,IMPD,1,Imunitas,1,Indonesia,1,Indonesia bangkit,2,Indonesia Emas 2045,1,informasi,2,International Woman's Day,1,Internet,4,Introver,1,Investasi,1,IPB,2,ISKA,1,Istirahat,1,Istri,1,Jakarta Pusat,1,Jambi,1,Jarot Winarno,1,Jaya,2,Jenazah,1,Jenicamay,1,Jepang,1,Jimly Institute,1,JK,1,Joker,1,Jokowi,4,Jomblo,1,Jurnalis,1,Kabupaten Sintang,1,Kalbar,2,Kalimantan Barat,2,Kampanye Sosial,1,Kampus,1,Kampus GIHON,1,Karakter,1,Kartini,3,kasih,1,Katakanlah,1,Katolik,7,Kawin Tangkap,1,keadilan,2,Kebangsaan,1,Kebebasan Berpendapat,1,Kebosanan,1,Kecanduan,1,Kecelakaan Pesawat,1,Kejagung,1,Kejaksaan Negeri Sinatar,1,Kekerasan Anak,2,Kekerasan Polisi,1,Kekerasan Seksual,2,Kekristenan,1,Keledai Yang Terjebak,1,Kelompok Cipayung,2,Keluarga,3,Kemenkes,1,Kemeristekdikti,1,Kemiskinan,1,Kendari,1,Kepemimpinan,1,Keperawanan,1,Kepercayaan,1,Kerabat Antropologi,1,Kerja Jaringan,2,Kesehatan,1,Kesepian,1,Keuskupan Agung Medan,1,Kind Boy,1,Kita Indonesia,2,Kita_Indonesia,1,Kitabisa,1,KKNT,1,KMDA,1,KMDM,5,KMDM.,1,KMK,1,KMK USI,1,KNPI,2,KNPI Siantar,2,KOKASI,1,Komda III,2,KOMDA SUMBAGUT,2,Kominfo,1,Kompas,1,Kompasiana,1,Komunitas,1,Konferensi Studi Nasional,1,Konflik,1,Konsensus,1,Konsumtif,1,Konten Negatif,1,Kontribusi,1,Kopi,1,Korupsi,8,Koruptor,1,Kostulata,1,Kota,1,Kota Pematangsiantar,4,KPK,9,KPKR,1,Kreatif,1,Kriminalisasi,1,Kristen,1,Kritik Sastra,10,KSA,1,KSN,3,KSR,2,KTD,1,Kuala Namu,1,Kufur,1,KUPIKIR,2,Kurnia Patma,2,KWI,2,Lamada,1,Larantuka,1,Latihan Kepemimpinan UHKBPNP,1,Laudato Si',1,LDK,1,LDKM,1,Lem Aibon,1,Lince Sipayung,1,Lingko Ammi,1,Lingkungan,1,Liovina,1,Literasi,3,LKK,1,Lockdown,1,Logical Fallacy,1,Lomba,1,Lomba Cipta Opini,1,Low Budget,1,LPDP,2,LPPM Unand,1,LQ Indonesia Lawfirm,1,Luka,2,Lukisan,1,Lut_q,1,MABIM,2,Madura,1,Mahasiswa,8,mahasiswa katolik,1,maliku,1,Maluku,1,Manusia-manusia tidak berguna,1,Margasiswa,1,Mario,1,Maritim,1,Marz,1,Masa Bimbingan,1,Masyarakat Adat,5,Maumere,1,MDGs,1,Medan,1,Media online,1,Media Sosial,3,Membaca,6,Meme,1,Menangis,1,Mengajar,1,menghapal,1,Menkominfo,1,Menkopolhukam,1,Menpora,1,Menristekdikti,1,Menulis,7,Mesir,1,Messi,1,Messiah,1,MHR,1,Migran,1,Milea,1,Milenial,2,Millennial,1,Minder,1,Mohctar Lubis,1,Moral Negara,1,Moralitas Negara,1,Mother Earth,1,MPA,1,MPAB,8,MPR,1,Muda,5,Myanmar,1,Nagakeo,1,Napza,1,Narkoba,1,Nasional,1,Natal,3,Nawa Cita,1,New Normal,2,Ngeri-ngeri sedap,1,Ngiler,1,Nias,3,Nilai,1,Nilai-nilai,1,Noam Chomsky.,1,Nommensen,1,Novel,1,Novel Baswedan,1,NTB,1,NTT,4,Nyai Ontosoroh,1,OJK,1,Olimpiade,1,Ombibus Law,1,OMK,1,Omnibus Law,4,Opening Ceremony,1,Opini,119,Orang Miskin,1,Orang Muda,4,Orang Tua,1,Organisasi,4,Ormas,1,OrmasKatolikSultra,1,Pacaran,1,Padang,1,Pagi Bening,1,Pahlawan,3,Palopo,1,Pancasila,4,Pandemi,5,Papua,6,Parapat,1,Paroki Jalan Bali,1,Partai Politik,1,Passport,1,Patriarkis,1,Paus,1,Paus Fransiskus,2,PDKS,1,Pedagang,1,Pedidikan Indonesia,1,Pejuang,1,Pelaka,1,Pelantikan,3,Pelantikan Anggota Baru,1,Pelatihan jurnalistik,3,Peluang,1,Pemahaman,1,Pematangsiantar,16,Pematangsiantar.,2,Pembelajaran,2,Pembelajaran Daring,1,Pembelajaran Kooperatif,1,Pemberantasan,1,Pemerintah,2,Pemilu,1,Pemimpin,2,Pemko pematangsiantar,2,Pemuda,5,Pemuda Katolik,1,Pemuda Milenial,1,Pemudi,1,Pencemaran Nama Baik,1,Pendidikan,9,Pendidikan Formal,1,Pendidikan Indonesia,2,pengabdian,1,pengamat,1,Pengantar,1,Penghinaan,1,Penjajahan,1,Penonton,1,Penulis,1,Penyalahgunaan Internet,1,Peradaban,1,Perang,1,Perbedaan,1,Percaya Diri,1,Perempuan,3,Perguruan Tinggi,1,Perjuangan,2,perkebunan,1,PERPPU,2,Persepuluhan,1,Persimpangan,1,Pertanian Berkelanjutan,1,Pesan Instan,1,Pesawat,1,Pewarta,1,Philosophy Award,1,Pidana,1,PIDATO,1,Pidato Presiden,1,Pilkada,5,Pilkada Samosir,1,Pilpres,1,PKB,1,PMII,1,PMKRI,92,PMKRI Bengkulu,2,PMKRI Cab. Palopo,1,PMKRI Cab. Pematangsiantar,5,PMKRI CAB.PEMATANGSIANTAR,8,PMKRI Cabang Bengkulu,1,PMKRI Cabang Kupang,1,PMKRI cabang maumere,1,PMKRI cabang Pematangsiantar,3,PMKRI Cabang Tanah Karo,1,PMKRI Cabang Tondano,1,PMKRI Cabang Yogyakarta,1,PMKRI Kendari,4,PMKRI Manokwari,1,PMKRI Pematangsiantar,7,PMKRI Ruteng,1,Politik,1,Politikus,1,Politisasi Agama,1,Politk,1,Pontianak,2,Pop,1,Portugal,1,PPDKS,1,Prabowo,1,Practice,1,Prancis,1,Presiden,1,Pribumi,1,PSI,1,psikologi,1,PUan Maharani,1,Puisi,27,Pulang,2,Pulang Kampung,1,Putri Cicilia,1,Qiana,1,Quilt,1,R. Wahyu Handoko,1,Radikal,1,Radikalisme,3,RAKERCAB,1,Ranperda,1,Rasisme,2,Refleksi,4,Refleksi Sumpah Pemuda,1,Reformasi,1,Regenerasi,1,Reijefki Irlastua,1,Represif,1,Resesi,1,retreat,1,retret,1,Reuni,1,Review,1,Review Buku,2,Revisi UU KPK,2,Rini Marisa Silalahi,1,Riview,1,Rizky Sitanggang,1,Robertus Dagul,1,Rohingya,2,Romantisme,1,Romo Prof. DR. Franz Magnis-Suseno,1,Ronaldo,1,RUACC,1,Ruang Publik,1,Sahabat,1,Samuel Manurung,1,Sangge-sangge,1,Santri,1,SBY,1,SDA,1,SDGs,1,SDM,1,SDN Nggoang,1,Sejarah,1,Sejawat,1,Sekolah,2,Seks,1,Selvi,1,Seminar Nasional,3,Seni,2,Sensory Ethnography,1,serai,1,Sesat Pikir,1,Shelter,1,SiaranPersKemenristekdikti,1,sibuk,1,Sihaporas,2,Simalungun,3,Sinetron,1,Sintang,1,SJ,1,SLB,1,sm3t,1,SMP Cinta Rakyat,1,SMP CR 2,1,Sosdodihardjo,1,Sosial,3,Spirit,1,Sriwijaya Air,1,Stadium General,1,Studium Generale,1,Study Tour,1,Study Tour Ke Tiongkok,1,Suara Kecil Rakyat,1,Sukses,1,Sulawesi Utara,1,Sumatera Barat.,1,Sumatera Utara,1,Sumatera Utara.,1,Sumba,1,Sumpah,1,Sumpah Pemuda,2,Surat,2,Surat Terbuka,2,Surya Tjandra,1,Suster,1,Sydney Opera House,1,Taiwan,1,Taruna Merah Putih,1,Teater Arsip,1,Teater Kecil,1,Teknologi,1,Tembok,1,Temu Pemuda Lintas Iman Kalbar,1,TEPELIMA,1,Thomas,1,Tiga,1,TIM,2,Tiongkok,1,TKA,1,TMP,1,Toleransi,2,Tomson,5,Tomson Sabungan Silalahi,8,Transformasi,2,Tri Hari Suci,1,Trip N Vlog,1,TRIP N VLOG #PULANG KAMPUNG,1,Tungku Batu,1,UGM,1,UKT,1,UMKM,1,UNIPA,1,Universitas HKBP Nommensen,1,Universitas pakuan bogor.,1,Universitas Simalungun,1,Universitas Tanjungpura,1,UNJ,1,Urban,1,Uruguay,1,UU Cipta Kerja,1,UU MD3,1,Valentine,3,Vatikan,2,Vatkian,1,Veteran,1,Vian,1,Visi,1,vocabularies,1,Vokasi,1,Vox Point,1,wacana,2,Walikota,1,walikota pematangsiantar,1,wanita,1,War On Drugs,1,Wartawan,1,Wewowo,1,whatsapp,1,Who Am I?,1,WiFi,1,Winda Astari,1,World Youth Forum,1,WYF2017,2,Yesus,2,YLBHI,1,Yogen,7,Yogen Sogen,2,Yogyakarta,1,Young Entrepreneurship,1,YouTuber,1,Zaman Now,1,
ltr
item
katakanlah: APAKAH AKU LEBIH BERUNTUNG DARI YANG LAIN?
APAKAH AKU LEBIH BERUNTUNG DARI YANG LAIN?
Harapan besar saya selanjutnya, semoga Tuhan memberi rahmat yang cukup melalui teladan dan cara mengajar para senior di SLB B Pangudi Luhur, sehingga
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5SFPTNnEWHYuCjh0DLS6Fn4WrDoT-WcgsdYCVgEZtYCqkkupoLkygg1A8bM98HLfEoJlIDAjDzWZ4Vr7mGSNbAOdj3FWbXO739QCqYOSUhlOXUdNWyuyrKr31uK68o6sT1r0-xPo6H10/w640-h426/Bunga+Anggrek.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5SFPTNnEWHYuCjh0DLS6Fn4WrDoT-WcgsdYCVgEZtYCqkkupoLkygg1A8bM98HLfEoJlIDAjDzWZ4Vr7mGSNbAOdj3FWbXO739QCqYOSUhlOXUdNWyuyrKr31uK68o6sT1r0-xPo6H10/s72-w640-c-h426/Bunga+Anggrek.jpg
katakanlah
https://www.katakanlah.com/2020/09/apakah-aku-lebih-beruntung-dari-yang.html
https://www.katakanlah.com/
https://www.katakanlah.com/
https://www.katakanlah.com/2020/09/apakah-aku-lebih-beruntung-dari-yang.html
true
8814382905702038148
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All rekomendasi LABEL arsip CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy