Konflik Agama Negara Demokrasi


Oleh: Marz Wera*

Negara kita mengusung paham demokrasi. Berarti universalitas nilai adalah hakekat dasar prinsip hidup berdemokrasi. Kebebasan dan partisipasi warga menjadi sarana utama dalam penataan hidup baik bersama. Konteks yang demikian tampak juga dalam prinsip hidup beragama. Simpul pengikat antara agama dan demokrasi jelas, yaitu Pancasila.

Namun dua peristiwa mengawali tahun 2018 menjadi kerumitan dan tantangan sendiri soal gagasan negara demorasi dan praktik hidup beragama di negara demokrasi seperti Indonesia. Pertama, peristiwa penyerangan umat Kristiani yang sedang mengadakan ibadah, Gereja Santa Ludwina di Bedog, Sleman, DI Yogyakarta pada Minggu 11 Februari 2018. 

Kedua, di media sosial beredar peristiwa yang sama terjadi di Palembang. Gereja Katolik Stasi Santo Zakharia di Dusun 3, Desa Mekar Sari, Kecamatan Rantau Alai, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (8/3/2018) dini hari (Tribun news).

Rupanya demokrasi belum sepenuhnya menjadi sarana utama dalam penataan hidup bersama sebagai bangsa dan negara. Meskipun prosesnya terus berjalan. Berbagai tindak kekerasan, intimidasi, ancaman, hingga perusakan rumah ibadah masih menjadi sarana yang paling dominan dalam mencapai tujuan politik pihak tertentu. ‘’Hukum tanpa pedang tidak akan ditaati’’ (Machiavelli). Inilah tantangan terbesar negara demokrasi. Apalagi Indonesia yang sangat beragam. Atas nama kebebasan-demokrasi orang bisa melakukan apapun sesuai dengan kemauan kelompoknya.

Hari-hari ini, perbedaan agama masih menjadi perdebatan di ruang publik. Apalagi ketika proses demokratisasi sedang bergulir. Dahulu Marx pernah mengatakan bahwa agama adalah candu masyarakat. Benar kata Marx. Realitas kehidupan umat beragama di negeri ini belum sepenuhnya benar-benar tulus dalam hal pluralisme dan wujud damai. 

Bila demokrasi berhubungan dengan kebebasan, maka ruang gerak individu dalam tatanan sosial menjadi pedoman untuk membangun kebersamaan dan komitmen hidup bersama. Namun pertanyaan refleksinya, kebebasan yang seperti apa?

Dalam sejarah peradaban manusia, sebagai ideologi, agama bisa tampil dengan dua wajah. ‘’Sejuk’’ sekaligus ‘’seram.’’ Sejuk karena menjadi sumber inspirasi bagi kebajikan bersama. Seram karena bisa menjadi basis doktrinasi dalam melakukan tindakan destruktif. 

Namun dalam politik, agama hadir untuk memperkuat keyakinan atas sumpah jabatan dan janji politik. Agama menjamin kepercayaan orang lain. Sehingga dunia politik dengan gampangnya memanfaatkan isu agama sebagai yang paling menjamin kepercayaan warganya. Hidup keagamaan akhirnya direduksi menjadi alat legitimasi kekuasaan.

Kemanusiaan dan solidaritas
Perjalanan demokrasi perlu sebuah refleksi mendalam. Refleksi tersebut memperteguh esensi dari proses berdemokrasi. Demokrasi hadir berawal dari sebuah kesepakatan untuk memperjuangkan kehidupan bersama. Kesepakatan itupun terangkum dalam prinsip negara Pancasila, dimana latar belakang perbedaan suku, agama dan budaya bukan menjadi penghambat. 

Demokrasi menjamin keberadaan setiap warganya. Hak individu ataupun kelompok akan terbatas ketika ia berhadapan dengan orang lain (kelompok lain). Baik dalam kelompoknya maupun di luar kelompoknya. Artinya ada kerterbukaan yang tertata. Ada kebebasan yang punya nilai etis sebagai wujud penghargaan pada sesama.

Prinsip hidup beragama adalah universalitas. Universalitas membuka ruang perjumpaan antara sesama untuk saling berinteraksi dan berdialog. Dalam bahasa filsafat adalah humanitas. Bagaimana kita hidup dalam kebersamaan. Menjalin relasi dengan lingkungan dan sesama. Di sinilah terbangunnya rasa solidaritas. 

Pengalaman kebersamaan dalam kurungan kolonialisme sekian abad mendorong sesepuh bangsa ini tergerak hatinya untuk bergerak cepat mengembalikan keadaan. Semua itu terbentuk karena merasa senasib. Melihat sekelilingnya, manusia Indonesia sebagai pribadi yang beragama, ada rasa empati sosial, ada keterikatan yang terbentuk karena identitas dalam hal apapun akan kelihatan ketika kita berhadapan dengan orang yang berbeda.

Sesepuh bangsa ini khususnya yang beragama Islam ingin merdeka, tetapi mereka tidak mau berjalan menuju kemerdekaan itu sendiri, karena perjuangan mereka tidak membawa identitas apapun. Mereka merasa ada ikatan yang mengikat sebagaimana pesan keagamaan dari semua agama. Prinsip kebersamaan dan universalitas humanisme transendental adalah esensi hidup beragama. Semangat inilah yang dibungkus dalam solidaritas kebangsaan. Kemudian dibingkai dalam Pancasila oleh Soekarno bersama para tokoh perjuangan sebagai nada dasar bernegara. 

Mangunwijaya sangat tepat soal konteks ini, bahwa, “nasionalisme Indonesia historis memang tumbuh karena keibaan hati, dan Republik Indonesia diproklamasikan atas kesetiakawanan sosial dengan the underdogs”. Singkatnya adalah solidaritas kebangsaan.

Membingkai martabat manusia
Secara harfiah, demokrasi, dari bahasa Yunani demos: rakyat dan kratein: menguasai. Kekuasaan dari rakyat untuk rakyat: demokrasi. Kekuasaan yang menjamin martabat manusia. Demokrasi membuka ruang kebebasan kepada warganya sekaligus mengatur pemaknaan tatanan sosial bersama. Tuntutan hak-hak individu dan kelompok akan punya batasan ketika hidup bersama dalam ruang demokrasi.

Dalam demokrasi, hakekat manusia diciptakan berbeda. Ia tidak seragam. Begitu juga dalam ajaran semua agama. Lahirnya bangsa ini, tidak dari satu keseragaman. Keseragaman justru lahir dari kesepakatan yang mengikat, ada rasa empati dan solidaritas sosial ketika terkurung dalam payung kolonial. Perjuangan tidak dilalui hanya oleh kelompok tertentu, melainkan kesatuan elemen yang berbeda. 

Bila perbedaan menjadi hal yang terus diperdebatan maka solidaritas tidak akan terwujud. Karena pada hakekatnya kita sudah berbeda. Paham demokrasi lahir dari perbedaan. Demokrasi membuka ruang partisipasi warga untuk mengatur sendiri tatanan hidupnya. Segala aturan berdasarkan tatanan bersama. Tidak boleh mengakomodir satu kelompok saja. Kepentingan bersama adalah tujuan utama demokrasi. Demokrasi mengharuskan kekuasaan yang beretika. Punya moralitas dalam kebersamaan.

Demokrasi memungkinkan pemulihan martabat manusia. Ketika kepentingan umum menjadi patokan maka martabat manusia dihargai di situ. Yang perlu diperdebatkan dalam demokrasi adalah perbedaan pendapat bukan agama. Agama merupakan urusan pribadi manusia yang sangat intim dengan Sang Khalik. Keduanya punya hal yang sangat prinsipil yaitu universalitas. Agama memberikan refleksi dan penyadaran kepada manusia dalam memahami demokrasi ketika proses demokratisasi sedang berjalan. Hidup beragama menjadi dasar pembentukan demokrasi.

Gejala sosial bangsa kita yakni sentimen keagamaan justru mendominasi ruang publik.  Demokrasi mengharuskan perbedaan pendapat, karena berawal dari pemikiran individu. Ada tuntutan untuk memenuhi hak. Namun hak tersebut akan dibatasi oleh kehadiran yang lain. Demokrasi menjawab konteks yang demikian.

Demokrasi memungkinkan bahwa semua agama mengajarkan pentingnya menghargai kemanusiaan, humanisme transenden. Pada kesempatan yang lain demokrasi membuka ruang perjumpaan. Saat yang sama prinsip humanitas terwujud. Kesempatan dimana orang-orang hadir berdialog. Saat dimana orang akan menyadari segala sesuatu tentang diri dan kelompoknya. Sementara pada konteks yang lain adanya usaha-usaha untuk mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan yaitu humaniora.

Gejala sentimen keagamaan akhir-akhir ini, terus terjadi karena agama sering dipolitisasi. Agama dimanfaatkan oleh oknum ataupun kelompok tertentu untuk memobilisasi massa sebagai basis dukungan dalam menempuh tujuan politik. Demokrasi memupuk rasionalitas publik bukan rasionalitas sarana, atas kepentingan bersama, sedangkan agama memupuk semangat soliditas bersama.

Dengan itu, prinsip universalitas menjadi simpul antara agama dan demokrasi. Kehadiran yang berbeda semakin memperkuat dan memperjelas identitas yang lain. E Levinas, filsuf Perancis, merumuskan dengan sangat bagus seperti ini "Hubungan tidak menetralisasi yang lain, tetapi memelihara yang lain. Yang lain sebagai yang berbeda bukan menjadi objek yang menjadi milik kita atau menjadi kita, tetapi menarik diri dalam misterinya".

*Penulis adalah Pengurus Pusat PMKRI Periode 2018-2020

KOMENTAR

Ads

Nama

.id - Jejak Pencarian,4,#AksaraPark,1,#AsepEdiSuheri,1,#BareskrimPolri,1,#Bawaslu.#Bawslu_Simalungun.#Pemilu_Serentak_2024.,2,#BawasluSimalungun. #Panwaslu. #PKD. #Pemiluserentak2024.,1,#BayiHarimauSumatera,1,#Berita,5,#BinaryOption,1,#BKSDASumut.,1,#BobbyNasution,2,#bupati_langkat,1,#BupatiLangkat,1,#BupatiSimalungun,1,#CipayungPlusPalembang,1,#Dairi,1,#DataPemilih,1,#DemokrasiAdildanBerintegritas,1,#DinasPUMedan,1,#DiskusiOnline,1,#DiskusiPublik,1,#DoniSalmanan,1,#DPRDSimalungun.,1,#DPRDSumut,1,#DPRDTapsel.,1,#EdyRahmayadi,1,#fempop,1,#GMKIPSS,2,#GubernurSumut,1,#HarimauSumatera,1,#HiburanMalam,1,#HumaTPL,1,#IndraKenz,1,#KAMMI,1,#KAMMI.,1,#KejaksaanNegeriSimalungun,1,#KerangkengManusia,1,#kerangkengmanusia.,1,#KMKSt.AlbertusMagnus,1,#KomisiADPRDSumut,1,#KriminalitasAktifis.,1,#MabimPMKRIMalang.,1,#MahasiswaKatolik.,1,#Maladministrasi.,1,#MaladministrasiKPIDSumut,1,#MasyarakatAdat,1,#MasyarakatAdatSihaporas,1,#MinyakGoreng,1,#NurEkoSuhardana,1,#Olimpiade,1,#OmbudsmanRISumut,1,#PartaiPrima,1,#PDKAMMIMedan,1,#PDKAMMIMedan#Evaluasi1tahunBobby-Aulia,1,#PDKAMMITapsel,1,#PemiluSerentak2024,1,#PemudiDairi,1,#Pendidikan.,1,#PengadilanNegeriSimalungun,1,#PengendaraSepedaMotorTabrakSPKTPolresSiantar,1,#PenghargaanInternasional.,1,#PMKRIMalang,1,#PMKRIMedan,2,#PMKRISiantar,3,#PoldaSumut,1,#PolresSiantar,1,#PolresSimalungun,1,#PPKM.,1,#RakyatHarusSejahtera,1,#ReformasiPolri,1,#RehabKantorBupatiSimalungun,1,#SMPCR2Siantar,1,#SPKTPolresSiantar,1,#SusantiDewayani.,1,#TabrakSPKTPolresSiantar,1,#terbitrencanaperanginangin,1,#TerbitRencanaPeranginangin.,1,#TheBestProjectGroupOfEducation,1,#TolakPenundaanPemilu,1,#tolakpresiden3periode.,1,#TolakTambangPTTrioKencana.,1,#UMKKMKUSU,1,#UniversitasKatolikMusiCharitasPalembang,1,#WalikotaMedan,1,#WalikotaMedan.,1,#WalikotaSiantar,1,1000 Lilin,1,11TahunKompasiana,1,1965,1,1998,1,2018,1,2019,3,3 Tahun,1,4 Pilar MPR-RI,1,9 November,1,A Lonely Boy,1,A man called Otto,1,Ad Hominem,1,Adu Domba,1,Advokasi,2,Advokat,1,Agama,1,Agraria,1,Ahok,1,AHY,1,Aibon,1,akbid santa benedicta pontianak,1,Aksi,1,Aksi 3 Tahun Jokowi-JK,1,Aktivis Muda Katolik,1,Alfon Hutabarat,2,Alfred,1,Alfredo,1,Alfredo Pance Saragih,1,Aliansi Mahasiswa Siantar Simalungun (AMSS),3,Almamater,1,Alumni,1,Amorphophallus gigas,1,Amorphophallus paeoniifolius,1,Amorphophallus prainii,1,Amorphophllus titanumn Ades Galingging,1,AMSB,1,Anak,2,Ananda,1,Ancaman Pemilu,1,Andalas,1,Andreas Saragih,1,Anies,1,Anis Baswedan,1,Antikorupsi,1,Aquaman,1,Aquaponik,1,Araceae,1,Argentina,1,Artikel,51,Asian Games,1,Asrida Sigiro,2,Asuransi Jiwa Kresna,1,Australia,1,Bahasa,1,Bahasa Inggris,6,Bajawa,1,Bakti Sosial,1,balaikota Jakarta,1,Bapa Kami,1,Batak,1,Bedah Buku,1,Beijing,1,Belajar,1,Belajar Online,1,Bengkulu,1,Berbuah,1,Beriata,1,Berita,211,Berita Sumatera Utara,8,Berita. Sumatra Utara,2,Berjuang,2,Berkarya,2,Bersumpah,1,Berubah,2,Beruntung,1,BeyondBlogging,1,Bhinneka Tunggal Ika,1,Bidan,1,Bintang Emon,1,Biografi,1,Bisnis,1,Bisnis Masa Kini,1,Bitcoin,1,Black Panther,1,Black Pather,1,boarding pass,1,BOM Makassar,2,Budi Mulia,1,Budi Purba,1,Bukopin,1,Buku,6,Bully,1,Bumi,1,Bumi Manusia,1,BUMN,2,Bunga Bangkai,1,Bunuh Diri,2,Bupati Simalungun,1,Buruh,1,Cacat Nalar,1,cadar,1,Camping Rohani,2,Candu,1,Candu Pesan,1,Candu Pesan Instan,1,Capres,1,Carla,2,Carla Makay,2,Catatan,2,Catatan Akhir Tahun,1,Cawapres,1,Cerita,2,Cerita Pendek,3,Cerpen,8,Cewek,1,Changi,1,chatting,1,Cinta,3,Cinta Rakyat,2,Cinta Rakyat 2,1,Cinta Rakyat Cup,1,Cipayung,8,Cipayung Plus,2,cipayungpluskendari,1,Cipta Kerja,3,Cookies and Bakery,1,Cooperative Learning,1,Corona,1,Corona Virus,4,Cosmas Batubara,1,COVID-19,25,CPNS,1,CR7,1,Crazy Rich Asians,1,Creative Minority,1,Curhat,1,da Lopez,1,Dakwah,1,Danau Toba,2,Dara. Kathulistiwa,1,Daring,2,Data,1,Deepavali,1,Deklarasi,2,Demokrasi,5,Demokrat,1,Desa,1,Desa Dampingan,1,Devide et Impera,1,Dewi,1,Di Jakarta Tuhan Diburu dan Dibunuh,1,Dicky,1,Dicky Gultom,1,Dies Natalis PMKRI,1,digital,1,Dilan,2,Dion Dhima,1,Disinfekatan,1,Diskusi Publik,2,Disrupsi,1,Ditolak,1,Diwali,1,DIY,1,Djarot Saiful Hidayat.,1,DKJ,1,Doa,1,Dogma,1,Dolokmarlawan,1,Dongeng,1,Dongeng Laki-Laki yang Kesepian,1,Donor Darah,1,Doraemon,1,Dosa,1,DPC PMKRI Jakarta Pusat,1,DPD RI,1,DPP GmnI,1,DPR,2,DPRD Kota Pematangsiantar,1,Drama,1,Dunia,1,Duterte,1,Dwi,1,Edis Galingging,1,Ekaristi,2,Elit,1,Emas,1,Eris,1,ESDM,1,Esron,3,Essai,3,Fairy Tale,4,Fakfak,1,Fakultas Kehutanan,1,Fandis,1,Fase,1,Felix,1,Felix Nesi,2,Feminin,1,Feminis,3,Feminism,2,fenomena,1,Ferdian,1,FIFA World Cup 2018,1,Film,5,Film Porno,1,Filsuf,1,Finansial,1,Flores,1,Forman,2,Forum Orang Muda Dunia,1,Fotografi,1,Fransiskus,1,Fratelli Tutti,1,Freeport,1,Frengki Simamora,2,Friska Sitorus,2,Fun Walk,1,G30S PKI,1,Gading,1,Galang Dana,1,Game,1,Garuda,1,Gaya Hidup,1,Gender,1,Genre Teks,1,Gereja,2,Germahi,1,Gilbert Lumoindong,1,GMKI,7,GMNI,4,Goethe-Institut Indonesien,1,Gubernur,1,Gunungsitoli,1,Guru,2,Hak Asasi Manusia,2,HAM,4,Harakiri,1,Harapan,1,Hari,1,Hari Bumi,2,Hari guru,1,Hari Kemerdekaan,1,Hari Pahlawan,1,Hati Gajah,1,Hebei,1,Hegemoni,1,Hendra Sinurat,1,Henry Golding,1,herbal,1,Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Nias,1,Hinca Pandjaitan,1,Hindu,1,HMI,1,hoaks,2,Hoax,3,Holiday,1,Hong Kong,1,HUKUM,2,Human Rights,1,Human Trafficking,1,Hungary,1,HUT RI,1,hutan,2,Hymne,1,ID42NER,1,Ignasius Jonan,1,Ignatius Pati Ola,1,IKASANTRI,1,IMPD,1,Imunitas,1,Indonesia,1,Indonesia bangkit,2,Indonesia Emas 2045,1,informasi,2,International Woman's Day,1,Internet,4,Introver,1,Investasi,1,IPB,2,ISKA,1,Istirahat,1,Istri,1,Jakarta Pusat,1,Jambi,1,Jarot Winarno,1,Jaya,2,Jenazah,1,Jenicamay,1,Jepang,1,Jimly Institute,1,JK,1,Joker,1,Jokowi,4,Jomblo,1,Jurnalis,1,Kabupaten Sintang,1,Kalbar,2,Kalimantan Barat,2,Kampanye Sosial,1,Kampus,1,Kampus GIHON,1,Karakter,1,Kartini,3,kasih,1,Katakanlah,1,Katolik,7,Kawin Tangkap,1,keadilan,2,Kebangsaan,1,Kebebasan Berpendapat,1,Kebosanan,1,Kecanduan,1,Kecelakaan Pesawat,1,Kejagung,1,Kejaksaan Negeri Sinatar,1,Kekerasan Anak,2,Kekerasan Polisi,1,Kekerasan Seksual,2,Kekristenan,1,Keledai Yang Terjebak,1,Kelompok Cipayung,2,Keluarga,3,Kemenkes,1,Kemeristekdikti,1,Kemiskinan,1,Kendari,1,Kepemimpinan,1,Keperawanan,1,Kepercayaan,1,Kerabat Antropologi,1,Kerja Jaringan,2,Kesehatan,1,Kesepian,1,Keuskupan Agung Medan,1,Kind Boy,1,Kita Indonesia,2,Kita_Indonesia,1,Kitabisa,1,KKNT,1,KMDA,1,KMDM,5,KMDM.,1,KMK,1,KMK USI,1,KNPI,2,KNPI Siantar,2,KOKASI,1,Komda III,2,KOMDA SUMBAGUT,2,Kominfo,1,Kompas,1,Kompasiana,1,Komunitas,1,Konferensi Studi Nasional,1,Konflik,1,Konsensus,1,Konsumtif,1,Konten Negatif,1,Kontribusi,1,Kopi,1,Korupsi,8,Koruptor,1,Kostulata,1,Kota,1,Kota Pematangsiantar,3,KPK,9,KPKR,1,Kreatif,1,Kriminalisasi,1,Kristen,1,Kritik Sastra,10,KSA,1,KSN,3,KSR,2,KTD,1,Kuala Namu,1,Kufur,1,KUPIKIR,2,Kurnia Patma,2,KWI,2,Lamada,1,Larantuka,1,Latihan Kepemimpinan UHKBPNP,1,Laudato Si',1,LDK,1,LDKM,1,Lem Aibon,1,Lince Sipayung,1,Lingko Ammi,1,Lingkungan,1,Liovina,1,Literasi,3,LKK,1,Lockdown,1,Logical Fallacy,1,Lomba,1,Lomba Cipta Opini,1,Low Budget,1,LPDP,2,LPPM Unand,1,LQ Indonesia Lawfirm,1,Luka,2,Lukisan,1,Lut_q,1,MABIM,2,Madura,1,Mahasiswa,8,mahasiswa katolik,1,maliku,1,Maluku,1,Manusia-manusia tidak berguna,1,Margasiswa,1,Mario,1,Maritim,1,Marz,1,Masa Bimbingan,1,Masyarakat Adat,5,Maumere,1,MDGs,1,Medan,1,Media online,1,Media Sosial,3,Membaca,6,Meme,1,Menangis,1,Mengajar,1,menghapal,1,Menkominfo,1,Menkopolhukam,1,Menpora,1,Menristekdikti,1,Menulis,7,Mesir,1,Messi,1,Messiah,1,MHR,1,Migran,1,Milea,1,Milenial,2,Millennial,1,Minder,1,Mohctar Lubis,1,Moral Negara,1,Moralitas Negara,1,Mother Earth,1,MPA,1,MPAB,8,MPR,1,Muda,5,Myanmar,1,Nagakeo,1,Napza,1,Narkoba,1,Nasional,1,Natal,3,Nawa Cita,1,New Normal,2,Ngeri-ngeri sedap,1,Ngiler,1,Nias,3,Nilai,1,Nilai-nilai,1,Noam Chomsky.,1,Nommensen,1,Novel,1,Novel Baswedan,1,NTB,1,NTT,4,Nyai Ontosoroh,1,OJK,1,Olimpiade,1,Ombibus Law,1,OMK,1,Omnibus Law,4,Opening Ceremony,1,Opini,117,Orang Miskin,1,Orang Muda,4,Orang Tua,1,Organisasi,4,Ormas,1,OrmasKatolikSultra,1,Pacaran,1,Padang,1,Pagi Bening,1,Pahlawan,3,Palopo,1,Pancasila,4,Pandemi,5,Papua,6,Parapat,1,Paroki Jalan Bali,1,Partai Politik,1,Passport,1,Patriarkis,1,Paus,1,Paus Fransiskus,2,PDKS,1,Pedagang,1,Pedidikan Indonesia,1,Pejuang,1,Pelaka,1,Pelantikan,3,Pelantikan Anggota Baru,1,Pelatihan jurnalistik,3,Peluang,1,Pemahaman,1,Pematangsiantar,16,Pematangsiantar.,2,Pembelajaran,2,Pembelajaran Daring,1,Pembelajaran Kooperatif,1,Pemberantasan,1,Pemerintah,2,Pemilu,1,Pemimpin,2,Pemko pematangsiantar,2,Pemuda,5,Pemuda Katolik,1,Pemuda Milenial,1,Pemudi,1,Pencemaran Nama Baik,1,Pendidikan,9,Pendidikan Formal,1,Pendidikan Indonesia,2,pengabdian,1,pengamat,1,Pengantar,1,Penghinaan,1,Penjajahan,1,Penonton,1,Penulis,1,Penyalahgunaan Internet,1,Peradaban,1,Perang,1,Perbedaan,1,Percaya Diri,1,Perempuan,3,Perguruan Tinggi,1,Perjuangan,2,perkebunan,1,PERPPU,2,Persepuluhan,1,Persimpangan,1,Pertanian Berkelanjutan,1,Pesan Instan,1,Pesawat,1,Pewarta,1,Philosophy Award,1,Pidana,1,PIDATO,1,Pidato Presiden,1,Pilkada,5,Pilkada Samosir,1,Pilpres,1,PKB,1,PMII,1,PMKRI,92,PMKRI Bengkulu,2,PMKRI Cab. Palopo,1,PMKRI Cab. Pematangsiantar,5,PMKRI CAB.PEMATANGSIANTAR,8,PMKRI Cabang Bengkulu,1,PMKRI Cabang Kupang,1,PMKRI cabang maumere,1,PMKRI cabang Pematangsiantar,3,PMKRI Cabang Tanah Karo,1,PMKRI Cabang Tondano,1,PMKRI Cabang Yogyakarta,1,PMKRI Kendari,4,PMKRI Manokwari,1,PMKRI Pematangsiantar,7,PMKRI Ruteng,1,Politik,1,Politikus,1,Politisasi Agama,1,Politk,1,Pontianak,2,Pop,1,Portugal,1,PPDKS,1,Prabowo,1,Practice,1,Prancis,1,Presiden,1,Pribumi,1,PSI,1,psikologi,1,PUan Maharani,1,Puisi,27,Pulang,2,Pulang Kampung,1,Putri Cicilia,1,Qiana,1,Quilt,1,R. Wahyu Handoko,1,Radikal,1,Radikalisme,3,RAKERCAB,1,Ranperda,1,Rasisme,2,Refleksi,3,Refleksi Sumpah Pemuda,1,Reformasi,1,Regenerasi,1,Reijefki Irlastua,1,Represif,1,Resesi,1,retreat,1,retret,1,Reuni,1,Review,1,Review Buku,2,Revisi UU KPK,2,Rini Marisa Silalahi,1,Riview,1,Rizky Sitanggang,1,Robertus Dagul,1,Rohingya,2,Romantisme,1,Romo Prof. DR. Franz Magnis-Suseno,1,Ronaldo,1,RUACC,1,Ruang Publik,1,Sahabat,1,Samuel Manurung,1,Sangge-sangge,1,Santri,1,SBY,1,SDA,1,SDGs,1,SDM,1,SDN Nggoang,1,Sejarah,1,Sejawat,1,Sekolah,2,Seks,1,Selvi,1,Seminar Nasional,3,Seni,2,Sensory Ethnography,1,serai,1,Sesat Pikir,1,Shelter,1,SiaranPersKemenristekdikti,1,sibuk,1,Sihaporas,2,Simalungun,3,Sinetron,1,Sintang,1,SJ,1,SLB,1,sm3t,1,SMP Cinta Rakyat,1,SMP CR 2,1,Sosdodihardjo,1,Sosial,3,Spirit,1,Sriwijaya Air,1,Stadium General,1,Studium Generale,1,Study Tour,1,Study Tour Ke Tiongkok,1,Suara Kecil Rakyat,1,Sukses,1,Sulawesi Utara,1,Sumatera Barat.,1,Sumatera Utara,1,Sumatera Utara.,1,Sumba,1,Sumpah,1,Sumpah Pemuda,2,Surat,2,Surat Terbuka,2,Surya Tjandra,1,Suster,1,Sydney Opera House,1,Taiwan,1,Taruna Merah Putih,1,Teater Arsip,1,Teater Kecil,1,Teknologi,1,Tembok,1,Temu Pemuda Lintas Iman Kalbar,1,TEPELIMA,1,Thomas,1,Tiga,1,TIM,2,Tiongkok,1,TKA,1,TMP,1,Toleransi,2,Tomson,5,Tomson Sabungan Silalahi,8,Transformasi,2,Tri Hari Suci,1,Trip N Vlog,1,TRIP N VLOG #PULANG KAMPUNG,1,Tungku Batu,1,UGM,1,UKT,1,UMKM,1,UNIPA,1,Universitas HKBP Nommensen,1,Universitas pakuan bogor.,1,Universitas Simalungun,1,Universitas Tanjungpura,1,UNJ,1,Urban,1,Uruguay,1,UU Cipta Kerja,1,UU MD3,1,Valentine,3,Vatikan,2,Vatkian,1,Veteran,1,Vian,1,Visi,1,vocabularies,1,Vokasi,1,Vox Point,1,wacana,2,Walikota,1,walikota pematangsiantar,1,wanita,1,War On Drugs,1,Wartawan,1,Wewowo,1,whatsapp,1,Who Am I?,1,WiFi,1,Winda Astari,1,World Youth Forum,1,WYF2017,2,Yesus,2,YLBHI,1,Yogen,7,Yogen Sogen,2,Yogyakarta,1,Young Entrepreneurship,1,YouTuber,1,Zaman Now,1,
ltr
item
katakanlah: Konflik Agama Negara Demokrasi
Konflik Agama Negara Demokrasi
"Hubungan tidak menetralisasi yang lain, tetapi memelihara yang lain. Yang lain sebagai yang berbeda bukan menjadi objek yang menjadi milik kita atau menjadi kita, tetapi menarik diri dalam misterinya"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2nwqX3WUvebrffySCxQyszRyqNhDerxbqIWC-3Lt15B6dNht6DEJwirp_3sA_oN_bL8AdIt4Mmk7Oi9zqeRWKG7_-t4EHXjl5iacdJE068wyX_W9Uh0innpN0Q9OJUDW_0AqyCWHbW24/s640/Marz.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2nwqX3WUvebrffySCxQyszRyqNhDerxbqIWC-3Lt15B6dNht6DEJwirp_3sA_oN_bL8AdIt4Mmk7Oi9zqeRWKG7_-t4EHXjl5iacdJE068wyX_W9Uh0innpN0Q9OJUDW_0AqyCWHbW24/s72-c/Marz.jpg
katakanlah
https://www.katakanlah.com/2018/04/konflik-agama-negara-demokrasi.html
https://www.katakanlah.com/
https://www.katakanlah.com/
https://www.katakanlah.com/2018/04/konflik-agama-negara-demokrasi.html
true
8814382905702038148
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All rekomendasi LABEL arsip CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy