Refleksi Perjalanan Sebagai Eksistensi Sejarah Adalah Ingatan Akan Dimensi Hidup



Sebuah Pengantar Dari Sahabat Untuk Buku .id - Jejak Pencarian*

Oleh: Yogen Sogen[1]

Buku “.id – Jejak Pencarian” yang diseduh oleh Tomson Sabungan Silalahi sungguh merupakan penggalian dan kebermaknaan atas eksistensi hidup seorang manusia. Membaca sejarah-sejarah hidup manusia yang diliput oleh setiap penulis, saya kemudian mendaratkan satu rasa syukur bahwa kita patut bersyukur karena adanya penulis. Dari penulislah kita dapat menyulut daya pikir ke dalam ruang penghayatan. Gagasan yang dinahkodai oleh penulis, berkenaan dengan rekonstruksi waktu di setiap penggalan-penggalan pengalaman, merupakan sejarah penghayatan yang panjang. Dari penggalan pengalaman itulah manusia kemudian menemukan makna dari hidup itu sendiri seperti gradasi yang diungkapkan oleh Tomson bahwa, “dalam segala sesuatu ada sesuatu-sesuatu yang lain yang lebih kecil yang menjadikan sesuatu menjadi sesuatu yang lain yang lebih besar”.
Historisitas kehidupan sejatinya merupakan kebutuhan. Dalam konteks pergumulan atas ruang dan waktu di dalam kehidupan, saya kembali teringat akan sebuah khotbah seorang uskup pada misa malam Natal tahun 2016 silam, yang mulia Mgr. Paskalis Bruno Syukur, O.F.M (Uskup Bogor), dalam khotbahnya dengan tegas menginterupsikan kepada setiap pribadi untuk kembali merefleksikan perjalanan kehidupannya selama pengembaraanya di dalam dunia ini. Hal ini bukan sekadar untuk “mengenang” akan tetapi lebih kepada memaknai tapak-tapak kehidupan itu sendiri. Karena dalam mengenang kehidupan, kita akan berada dalam satu ruang pembaharuan atas lahir dan laju waktu yang terus bergerak menuju perubahan-perubahan di dalam nadi kehidupan.


Substansi dari khotbah Bapak Uskup Paskalis itulah kemudian saya kaitkan dengan inti dari buku “.id – Jejak Pencarian” yang oleh Tomson  mengintruksikan ke dalam fakta sejarah (dibukukan), maka di sinilah titik temu lahirnya refleksifitas kehidupan manusia yaitu, kronos dan kairos. Dalam terminologi bahasa Yunani, waktu dikenal sebagai kronos dan kairos kemudian dalam Alkitab dipakai oleh para penulis Perjanjian Baru untuk menunjuk keimanan dalam persekutuan dengan Tuhan.
Secara umum kronos berarti perjalanan waktu seperti jam ke jam, hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun, singkatnya urutan peristiwa hidup atau hal apa saja yang terjadi di dalamnya. Di dalam kronos ada lintasan peristiwa seperti yang diceritakan oleh Tomson di dalam buku ini. Di sini akan menjadi permenungan dari kegagalan-keberhasilan, suka-duka, dan segala yang tercatat di dalam detak peristiwa yang dilakoninya. Kemudian kairos lebih menitikbertatkan kepada kualitas diri dalam peristiwa yang ada. Singkatnya hal bermutu yang terjadi di dalam waktu. Akan tetapi tidak semua waktu menampilkan peristiwa yang bermutu.
Waktu akan terus bergerak, pengalaman akan terus mengukir pengalaman, namun kualitas hidup selalu berbeda. Manajeman waktu yang baik akan menunjukkan kualitas hidup yang baik. Begitupun sebaliknya. Oleh karena itu kairos harus terus berdetak dalam kronos karena, di dalam peristiwa hidup yang berembus dalam waktu akan ada karya-karya yang menampilkan kualitas hidup seseorang. Seperti yang diceritakan oleh Tomson di dalam buku ini. Jika mencermati serpihan-serpihan pengalaman dalam buku ini maka, kita akan masuk pada keindahan rasa yang bernyawa dan mendekap refleksi intelektualitas. Dan intelektualitas berarti menyelami yang tersembunyi, membaca yang kabur, menerangi kegelapan. Melalui intelektualitas, kebenarana akan menyatakan dirinya, sebagaiamana kata orang-orang Yunani tentang kebenaran sebagai alethia, sebuah penyingkapan diri. Di dalam penyingkapan ada kebenaran, dan kebenaran adalah apa yang dikatakan sendiri oleh sesuatu mengenai dirinya, bukan hasil rekayasa seorang pengamat.


Meneropong  “.id – Jejak Pencarian” di dalam dimensi kehidupan, kita mesti mengakui bahwa hidup manusia adalah anyaman relasi yang terlampau kompleks untuk dapat terbaca seluruhnya, bahwa dunia tidak sepenuhnya dapat diperhitungkan. Akal memang telah berjasa untuk menerobos banyak kegelapan yang memenjarakan manusia dalam kekerdilan, kemiskinan, kebodohan, tetapi akal yang demikian tajam serupa belati tak sanggup mengurai pengalaman yang berdenyut dalam horizon kehidupan. Dominasi akal budi dalam setiap lembaran pengalaman adalah dominasi pola pikir, budaya dan politik tertentu. Kebudayaan yang bernafas dalam nadi penulis buku “.id – Jejak Pencarian” menjadi narasi besar yang menentukan kelayakan segala sesuatu yang kemudian membuka lemabaran-lembaran pemikiran penulis dalam meretas seluruh kisahnya secara gamblang di dalam buku ini.


Dari pengahayatan saya terhadap apa yang diungkapkan oleh Tomson di dalam buku inilah yang menjadi alasan saya untuk menguras teka-teki pengalaman hidup seorang Tomson. Pengalaman menjadi sebuah narasi kemisteriusan manusia dan kedalaman dunia. Semuanya menyimpan rahasia dalam kanvas hidup seorang manusia. Hidup adalah perhitungan sebab-akibat, hidup adalah seperti membaca huruf konsonan, bukan hanya melahap hal mudah seperti membaca abajd-abjad A-Z, hidup adalah dilektika intelektualitas, bukan sebuah sylogisme lurus dengan premis-premis yang jelas dan argumentasi yang logis. Karena pada roh kehidupan itu sendiri terdapat hal yang paling sensitif yaitu ketika kekalahan dalam menghadapi yang tanda tanya.
Akhirnya, “siapa saya” adalah hal misterius yang harus dibuka untuk melihat dan menghayati seberapa jauh kita “mengenal kehidupan” yang sesungguhnya. Jika telah menemukan kemisteriusannya, sempatkanlah untuk menulis, jika tidak, berdiamlah dan ceritakan pada ruang hampa. Karena dengan mengungkapkan fakta sejarah secara tertulis, kita sudah menginterupsikan identitas kehidupan untuk dijawab oleh orang lain yakni membaca roh motivasi di dalam pengalaman orang lain, iya, seperti yang disuguhi oleh Tomson dalam “.id – Jejak Pencarian” ini. Ada sebuah interupsi menarik oleh Tomson yang menjadi refleksi yang setidaknya dan sepertinya seksi untuk  dihayati bersama yakni, “Untuk melakukan sesuatu yang benar-benar baik, orang harus melihat, menilai, dan melakukan sesuatu, selanjutnya merefleksikan kembali untuk melakukan yang lebih baik, demikianlah seharusnya untuk seterusnya”. 
Saya menyebut ungkapan ini layaknya “interupsi” karena di dalam penggalian maknanya kita menemukan sebuah libasan protes, dan meminta waktu secara beradab demi sesuatu yang penting. Interupsi mengingatkan kita pada sebuah wadah penghayatan akan hari kemarin, hari ini dan sebuah entah.
Demikianlah pengantar dari saya, semoga buku ini memberi inspirasi dan memantik ruang refleksi untuk pencerahan bagi sejagat mata dan hati para pembaca. Akhirnya saya menyampaikan serimbun selamat kepada penulis dan  segenap pembaca sekalian. Semoga dalam hidup kita semua diberkati dan dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin.

*Ditulis ulang dari buku .id - Jejak Pencarian h. 15-20


[1] Penulis Buku “Nyanyian Savana”, Ketua Presidium PMKRI Cabang Bogor St. Joseph a Cupertino Periode 2016-2017.

Penasaran dengan buku ini, langsung pesan melalui link berikut ini: 
https://jejakpublisher.com/product/id-jejak-pencarian/

KOMENTAR

Ads

Nama

.id - Jejak Pencarian,4,#fempop,1,1000 Lilin,1,1965,1,2018,1,2019,3,3 Tahun,1,9 November,1,Adu Domba,1,Advokat,1,Agama,1,Ahok,1,AHY,1,akbid santa benedicta pontianak,1,Aksi 3 Tahun Jokowi-JK,1,Alfred,1,Alumni,1,Anak,2,Ananda,1,Ancaman Pemilu,1,Anies,1,Anis Baswedan,1,Antikorupsi,1,Aquaman,1,Argentina,1,Artikel,32,Asian Games,1,Australia,1,Bahasa,1,Bahasa Inggris,3,Bakti Sosial,1,balaikota Jakarta,1,Bapa Kami,1,Bedah Buku,1,Beijing,1,Bengkulu,1,Berbuah,1,Berita,85,Berita. Sumatra Utara,2,Berjuang,2,Berkarya,2,Berubah,2,Bidan,1,Biografi,1,Bitcoin,1,Black Panther,1,Black Pather,1,boarding pass,1,Budi Mulia,1,Buku,5,Bumi,1,Bunuh Diri,2,cadar,1,Camping Rohani,1,Candu,1,Candu Pesan,1,Candu Pesan Instan,1,Capres,1,Carla Makay,1,Catatan,1,Catatan Akhir Tahun,1,Cawapres,1,Cerpen,5,Cewek,1,Changi,1,Cinta,3,Cipayung,1,Cipayung Plus,1,Cookies and Bakery,1,Cooperative Learning,1,CR7,1,Crazy Rich Asians,1,Creative Minority,1,Curhat,1,Danau Toba,2,Dara. Kathulistiwa,1,Deepavali,1,Deklarasi,1,Demokrasi,5,Devide et Impera,1,Di Jakarta Tuhan Diburu dan Dibunuh,1,Dies Natalis PMKRI,1,Dilan,1,Dion Dhima,1,Diskusi Publik,1,Disrupsi,1,Ditolak,1,Diwali,1,DIY,1,Djarot Saiful Hidayat.,1,DKJ,1,Doa,1,Dogma,1,Donor Darah,1,Doraemon,1,Dosa,1,DPR,2,Drama,1,Dunia,1,Duterte,1,Dwi,1,Emas,1,Eris,1,ESDM,1,Essai,3,Fakultas Kehutanan,1,Fandis,1,Fase,1,Feminin,1,Feminis,1,Feminism,1,fenomena,1,FIFA World Cup 2018,1,Film,1,Film Porno,1,Filsuf,1,Finansial,1,Forum Orang Muda Dunia,1,Fotografi,1,Fransiskus,1,Freeport,1,Frengki Simamora,2,Friska Sitorus,2,Fun Walk,1,Game,1,Garuda,1,Gaya Hidup,1,Gender,1,Genre Teks,1,Gereja,2,Goethe-Institut Indonesien,1,Gubernur,1,Guru,1,Hak Asasi Manusia,1,HAM,4,Harakiri,1,Harapan,1,Hari,1,Hari Bumi,1,Hari Pahlawan,1,Hati Gajah,1,Hebei,1,Hegemoni,1,Henry Golding,1,herbal,1,Hindu,1,hoaks,2,Hoax,3,Holiday,1,Hong Kong,1,HUKUM,1,Human Rights,1,Human Trafficking,1,Hungary,1,hutan,2,Hymne,1,ID42NER,1,Ignasius Jonan,1,IKASANTRI,1,Imunitas,1,Indonesia bangkit,2,informasi,2,Introver,1,ISKA,1,Istri,1,Jambi,1,Jaya,1,Jepang,1,JK,1,Jokowi,2,Jomblo,1,Kabupaten Sintang,1,Kalbar,1,Kalimantan Barat,2,Kampanye Sosial,1,Karakter,1,Kartini,1,kasih,1,Katakanlah,1,Katolik,3,keadilan,2,Kebosanan,1,Kecanduan,1,Kekerasan Anak,2,Kekerasan Polisi,1,Kekerasan Seksual,2,Kelompok Cipayung,2,Keluarga,3,Kemeristekdikti,1,Kemiskinan,1,Kepemimpinan,1,Keperawanan,1,Kerabat Antropologi,1,Kerja Jaringan,2,Kesepian,1,Kita Indonesia,2,Kita_Indonesia,1,Kitabisa,1,KMK,1,Kominfo,1,Komunitas,1,Konflik,1,Konsumtif,1,Konten Negatif,1,Kontribusi,1,Korupsi,5,Koruptor,1,Kostulata,1,Kota,1,KPK,4,KPKR,1,Kreatif,1,Kritik Sastra,6,KSN,2,Kufur,1,Kurnia Patma,2,KWI,2,Larantuka,1,LDKM,1,Lingko Ammi,1,Liovina,1,Literasi,3,LKK,1,Lomba Cipta Opini,1,Low Budget,1,LPDP,2,Luka,2,Lukisan,1,Lut_q,1,MABIM,1,Madura,1,Mahasiswa,3,mahasiswa katolik,1,maliku,1,Maluku,1,Manusia-manusia tidak berguna,1,Marz,1,Maumere,1,MDGs,1,Media online,1,Media Sosial,3,Membaca,6,Meme,1,Menangis,1,Menkominfo,1,Menristekdikti,1,Menulis,7,Mesir,1,Messi,1,Messiah,1,Migran,1,Milenial,2,Millennial,1,Minder,1,Mohctar Lubis,1,Moral Negara,1,Moralitas Negara,1,Mother Earth,1,MPAB,6,Muda,5,Myanmar,1,Nagakeo,1,Narkoba,1,Nasional,1,Natal,2,Nawa Cita,1,Nilai-nilai,1,Noam Chomsky.,1,Nommensen,1,NTT,3,Opening Ceremony,1,Opini,70,Orang Muda,4,Organisasi,4,Ormas,1,Pacaran,1,Pagi Bening,1,Pahlawan,1,Palopo,1,Pancasila,2,Papua,1,Partai Politik,1,Passport,1,Patriarkis,1,Paus,1,Paus Fransiskus,1,Pedagang,1,Pelantikan,2,Pelantikan Anggota Baru,1,Pelatihan jurnalistik,3,Peluang,1,Pematangsiantar,3,Pembelajaran Kooperatif,1,Pemerintah,1,Pemilu,1,Pemimpin,2,Pemuda,4,Pemuda Milenial,1,Pemudi,1,Pendidikan,4,Pendidikan Indonesia,2,pengabdian,1,pengamat,1,Pengantar,1,Penjajahan,1,Penonton,1,Penulis,1,Peradaban,1,Perang,1,Perbedaan,1,Percaya Diri,1,Perempuan,2,perkebunan,1,PERPPU,1,Persimpangan,1,Pesan Instan,1,Pewarta,1,Philosophy Award,1,Pilpres,1,PMKRI,38,PMKRI Bengkulu,1,PMKRI Cab. Palopo,1,PMKRI Cab. Pematangsiantar,3,PMKRI CAB.PEMATANGSIANTAR,6,PMKRI Cabang Bengkulu,1,PMKRI cabang maumere,1,PMKRI cabang Pematangsiantar,1,PMKRI Cabang Tondano,1,PMKRI Cabang Yogyakarta,1,PMKRI Manokwari,1,PMKRI Pematangsiantar,6,Politikus,1,Politk,1,Pontianak,2,Pop,1,Portugal,1,PPDKS,1,Prabowo,1,Prancis,1,Presiden,1,Pribumi,1,psikologi,1,Puisi,21,Pulang,2,Pulang Kampung,1,Qiana,1,Quilt,1,Radikal,1,Radikalisme,2,Refleksi,2,Refleksi Sumpah Pemuda,1,Reformasi,1,retreat,1,retret,1,Reuni,1,Review Buku,2,Riview,1,Robertus Dagul,1,Rohingya,2,Romo Prof. DR. Franz Magnis-Suseno,1,Ronaldo,1,Sahabat,1,Sangge-sangge,1,SBY,1,SDA,1,SDGs,1,SDM,1,SDN Nggoang,1,Sejawat,1,Sekolah,1,Seks,1,Selvi,1,Seminar Nasional,2,Sensory Ethnography,1,serai,1,Shelter,1,SiaranPersKemenristekdikti,1,Simalungun,1,Sinetron,1,SJ,1,sm3t,1,Sosdodihardjo,1,Sosial,3,Spirit,1,Sriwijaya Air,1,Stadium General,1,Studium Generale,1,Study Tour,1,Study Tour Ke Tiongkok,1,Sukses,1,Sulawesi Utara,1,Sumpah Pemuda,2,Surat,1,Surat Terbuka,2,Suster,1,Sydney Opera House,1,Taiwan,1,Taruna Merah Putih,1,Teater Arsip,1,Teater Kecil,1,Tembok,1,Temu Pemuda Lintas Iman Kalbar,1,TEPELIMA,1,Thomas,1,Tiga,1,TIM,2,Tiongkok,1,TMP,1,Tomson,3,Tomson Sabungan Silalahi,8,Transformasi,2,Tri Hari Suci,1,Trip N Vlog,1,TRIP N VLOG #PULANG KAMPUNG,1,Tungku Batu,1,UGM,1,UNIPA,1,Universitas HKBP Nommensen,1,Universitas pakuan bogor.,1,Universitas Tanjungpura,1,UNJ,1,Urban,1,Uruguay,1,UU MD3,1,Valentine,3,Vatikan,2,Vatkian,1,Veteran,1,Visi,1,Vox Point,1,wacana,2,wanita,1,War On Drugs,1,Wartawan,1,WiFi,1,World Youth Forum,1,WYF2017,2,Yesus,1,YLBHI,1,Yogen,7,Yogen Sogen,2,Yogyakarta,1,Zaman Now,1,
ltr
item
katakanlah: Refleksi Perjalanan Sebagai Eksistensi Sejarah Adalah Ingatan Akan Dimensi Hidup
Refleksi Perjalanan Sebagai Eksistensi Sejarah Adalah Ingatan Akan Dimensi Hidup
Substansi dari khotbah Bapak Uskup Paskalis itulah kemudian saya kaitkan dengan inti dari buku “.id – Jejak Pencarian” yang oleh Tomson mengintruksikan ke dalam fakta sejarah (dibukukan), maka di sinilah titik temu lahirnya refleksifitas kehidupan manusia yaitu, kronos dan kairos. Dalam terminologi bahasa Yunani, waktu dikenal sebagai kronos dan kairos kemudian dalam Alkitab dipakai oleh para penulis Perjanjian Baru untuk menunjuk keimanan dalam persekutuan dengan Tuhan. #JejakPencarian
https://2.bp.blogspot.com/-yEWWjtapTLk/XJ5eqVmhZNI/AAAAAAAAAuI/xO3UVWgb5EwI4ovS3OK3vmFWvTvUP67TwCLcBGAs/s640/DSC_0265.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-yEWWjtapTLk/XJ5eqVmhZNI/AAAAAAAAAuI/xO3UVWgb5EwI4ovS3OK3vmFWvTvUP67TwCLcBGAs/s72-c/DSC_0265.JPG
katakanlah
https://www.katakanlah.com/2019/03/refleksi-perjalanan-sebagai-eksistensi.html
https://www.katakanlah.com/
https://www.katakanlah.com/
https://www.katakanlah.com/2019/03/refleksi-perjalanan-sebagai-eksistensi.html
true
8814382905702038148
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All rekomendasi LABEL arsip CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy